Pemanasan Global, Lahan Kebun Kopi Bakal Berkurang

Kondisi pemanasan global diperkirakan akan berkibat pada kualitas kopi dan lahan produksi akan semakin berkurang
Rayful Mudassir | 26 April 2018 14:16 WIB
Kopi. - .smokeybarn.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA- Kondisi pemanasan global diperkirakan akan berkibat pada kualitas kopi dan lahan produksi akan semakin berkurang.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pemanasan global yang terjadi 20-30 tahun mendatang bakal terus menaikan suhu bumi mencapai 2-4 derajat per tahun.

"Hal ini akan berpengaruh pada biji kopi yang butuh suhu khusus. Ahli sebut luas penanaman kopi akan turun setengahnya dari lahan saat ini," kata Darmin di Gedung Kemenko, Kamis (26/4/2018).

Menurutnya potensi pengurangan lahan akan terjadi di wilayah daratan rendah. Sedangkan daratan tinggi lebih dapat terkontrol karena suhu yang tetap baik. Belum lagi konsumsi kopi di dunia semakin meningkat.

Terkait peningkatan konsumsi ini, petani diharapkan dapat meningkatkan produksi kopinya. Menurut Darmin produksi kopi saat ini hanya satu ton per hektare.

"Peningkatan produksi dapat dimulai dengan bibit yang baik, pemeliharaan dan budidaya," katanya.

Dia mengaku dengan peningkatan produksi kopi oleh petani dan perusahaan, bukan tidak mungkin komoditas itu bakal menjadi komoditas unggulan ekspor seperti crude palm oil.

 

 

Tag : kopi
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top