Indosat Andalkan Spektrum Baru Tunjang Trafik Mudik

Indosat meningkatkan kapasitas pelayanan data menjadi 11.394 TeraByte/hari.
Duwi Setiya Ariyanti | 17 Mei 2018 16:10 WIB
Logo Indosat Ooredoo di kantor pusat PT Indosat Tbk. - Indosat

Bisnis.com, JAKARTA — Spektrum baru PT Indosat Tbk. di rentang frekuensi 2,1 GHz siap digunakan untuk mendukung mudik dan Lebaran tahun ini setelah proses penataan ulang selesai pada April 2018. 

Dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (17/5/2018), Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo Dejan Kastelic mengatakan akivasi spektrum baru akan berdampak pada cakupan jaringan 4G dan kecepatan di lokasi-lokasi strategis terkait kegiatan mudik. Selain aktivasi spektrum baru, Dejan menyebut persiapan lain seperti pemantauan jaringan telah dilakukan. 

Alasannya, selama Ramadan hingga Lebaran, akan terjadi kenaikan kegiatan pelanggan. Dia memperkirakan trafik data akan meningkat 83,7% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2017. 

Oleh karena itu, pihaknya meningkatkan kapasitas pelayanan data menjadi  11.394 TeraByte/hari, kapasitas suara naik menjadi  37,49 juta Erlang/hari, dan kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,01 milyar SMS/hari. 

"Dalam beberapa bulan terakhir, kami telah melakukan refarming frekuensi 1.800 MHz kami dan mengaktivasi spektrum baru kami di 2.100 MHz untuk mendukung cakupan 4G kami dan menghadirkan kecepatan lebih di wilayah-wilayah penting kami. Tim teknis jaringan kami juga akan memonitor site-site penting dan melakukan tindakan yang diperlukan untuk memastikan pelanggan merasakan performansi jaringan secara optimal,” ujarnya. 

Selain peningkatan kapasitas jaringan, pihaknya membentuk Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) sebagai pusat pemantauan secara nasional. Uji jaringan di jalur mudik yakni di Semarang, Demak dan Kudus, Jawa Tengah telah dilakukan. 

Dari uji jaringan yang dilakukan Indosat, di sepanjang rute, aktivitas streaming berjalan tanpa buffering. Selama uji jaringan dilakukan, tercatat kecepatan maksimal unduh mencapai 39,74 Mbps dengan rata-rata kecepatan 8,09 Mbps. 

Khusus di beberapa titik keramaian kota tujuan mudik diperoleh kecepatan unduh hingga 107,70 Mbps di Simpang Lima, Semarang, 86,98 Mbps di Masjid Agung, Demak dan 97,17 Mbps di Museum Kretek, Kudus. Untuk uji jaringan melalui kegiatan telepon, didapatkan skor 96,83% dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score). 

Pada Ramadan hingga Lebaran kali ini, pihaknya menawarkan produk baru dengan seri Unlimited Youtube. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp5.000 yang bisa aktif selama tiga hari.

Lalu,  paket bulanan dengan akses gratis aplikasi favorit, telepon, dan SMS sepuasnya untuk sesama pengguna nomor Indosat Ooredoo. Harga paket mulai dari yang termurah Rp20.000 untuk 1 GB, Rp50.000 untuk 3GB hingga Rp120.000 untuk 15 GB dan Rp165.000 untuk Paket Unlimited Jumbo. 

Tag : seluler
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top