Uji Kemampuan, SHIAM Adakan Partial Exercise 2018

Maros (3/05), Telah terjadi crash pada pesawat Celebes Airlines Nomor Penerbangan CA 116 dengan rute penerbangan SUB - UPG dengan jumlah penumpang sebanyak 120 orang, pada pukul 09.33 di area runway 31-13 Bandara Sultan Hasanuddin.
MediaDigital | 17 Mei 2018 09:55 WIB

Maros (3/05), Telah terjadi crash pada pesawat Celebes Airlines Nomor Penerbangan CA 116 dengan rute penerbangan SUB - UPG dengan jumlah penumpang sebanyak 120 orang, pada pukul 09.33 di area runway 31-13 Bandara Sultan Hasanuddin. Pesawat dengan type Boeing 737-300 mengalami pecah roda main wheel sebelah kanan sehingga mengakibatkan pesawat kehilangan keseimbangan dan swing ke arah kanan di sektor F6 pada Gridmap Bandara Sultan Hasanuddin.

Atas kejadian ini terdapat 43 korban dengan rincian 8 luka parah dan mendapatkan prioritas I, 12 luka sedang untuk prioritas II, 20 luka ringan prioritas III, dan 3 orang meninggal dunia 1 wanita 2 pria. Seluruh korban dievakuasi ke Rumah Sakit TNI AU Dody Sarjoto untuk dilakukan tindakan medis. Pengelola Bandara telah melakukan evakuasi terhadap seluruh korban dan pesawat yang dibantu oleh instansi terkait, yaitu Basarnas, TNI, KKP, Pihak Kepolisian, Maskapai dan pihak lainnya.

Kronologis singkat kejadian:

1.  Airnav menyampaikan ke PKPPK Angkasa Pura bahwa terjadi crash di area runway 31-13

2.  Pesawat mengalami kebakaran.

3.  Angkasa Pura menyatakan kondisi siaga III, kendaraan pemadam dari Angkasa Pura menuju lokasi pada pukul 09.33 dan tiba di lokasi kejadian dalam waktu -3 menit.

4. Api berhasil dikuasai pada pukul 09.39

5. Api berhasil dipadamkan secara total pada pukul 09.46

6. Korban dievakuasi oleh Angkasa Pura dibantu oleh Airport Emergency Committee ke Rumah Sakit Dr. Dody Sarjoto untuk dilakukan tindakan medis.

Kejadian di atas merupakan kegiatan Latihan Partial Exercise yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan maupun kemampuan personil serta menguji kehandalan sarana dan prasarana penunjang termasuk instansi lainnya di sekitar bandara. Partial Exercise merupakan kegiatan yang rutin diadakan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sebagai komitmennya dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi para stakeholder.

Bertempat di Kantor Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Partial Exercise tahun ini yang mengambil tema “Dengan Partial Exercise Kita Tingkatkan Sinergisitas Antar Airport Emergency Committee dalam Menanggulangi Keadaan Darurat sebagai Bagian dari Kebanggaan Melayani Bangsa”.

Diawali dengan Apel Persiapan Partial Exercise pada pukul 07.30 WITA kemudian dilanjutkan dengan Praktek Partial Exercise tahun 2018 melibatkan 190 orang yang terdiri dari PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, TNI-AU Lanud Sultan Hasanuddin, Airnav Cabang MATSC, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Makassar, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar dan Kepolisan Sektor Bandara.

Partial Exercise tahun 2018 kali ini juga mengundang 4 bandar udara yang terdiri dari : BANDAR UDARA MUTIARA SIS AL-JUFRI – PALU, BANDAR UDARA HALUOLEO – KENDARI, BANDAR UDARA BERSUJUD – BATU LICIN dan BANDAR UDARA SOROWAKO – LUWU TIMUR.

“Latihan ini kita lakukan setiap 2 tahun sekali untuk mengimplementasikan apa yang dituangkan dalam dokumen Airport Emergency Procedure. Hal ini dilakukan dengan mengerahkan segala potensi yang ada dalam memberikan pelayanan pertolongan maupun penyelamatan secara cepat dan tepat.” Ujar Cecep Marga Sonjaya Selaku General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Latihan ditutup dengan evaluasi Airport Emergency Committee, hasilnya berdasarkan SOP Airport Emergency Plan kondisi Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin selalu siap melayani.

Tag : angkasa pura
Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top