Pelindo IV Gunakan 4 Stasiun VTS Kemenhub

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) meneken perjanjian kerja sama pemanfaatan Stasiun VTS (Vessel Traffic Services) di empat distrik navigasi.
Rivki Maulana | 24 Mei 2018 17:25 WIB
Pelabuhan Makassar - PT Pelindo IV

Bisnis.com, JAKART - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) meneken perjanjian kerja sama pemanfaatan Stasiun VTS (Vessel Traffic Services) di empat distrik navigasi.

Direktur Jendaral Perhubungan Laut Agus H. Purnomo mengatakan kerja sama pemanfaatan VTS dilakukan di empat distrik navigasi, yakni Disnav Makassar, Disnav Samarinda, Disnav Bitung, dan Disnav Sorong. Dia menilai, kerja sama dengan Pelindo IV membuat pemanfaatan peralatan milik Kemenhub bisa berdampak luas di samping memberikan pemasukan kepada negara.

"Kita memiliki berbagai fasilitas peralatan dan teknologi tapi banyak yang belum optimal. Pelindo atau lembaga-lembaga lain juga dapat memanfaatkan fasilitas negara tersebut untuk kepentingan bersama," ujarnya dalam siaran pers hari ini Kamis (24/4/2018).

Sugeng Wibowo, Direktur Kenavigasian Ditjen Hubla Kemenhub,  menambahkan VTS digunakan untuk menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim. Stasiun VTS berfungsi memberikan pelayanan Information Services (INS), Navigational Assistance Services (NAS) dan Traffic Organization Services (TOS). Dalam keadaan tertentu, VTS dapat difungsikan untuk pemanduan secara elektronik.

Sugeng berharap, pemanfaatan VTS oleh Pelindo IV bisa meningkatkan layanan informasi kepada para pemangku kepentingan di masing-masing wilayah kerja distrik navigasi. “Saya berharap seluruh pihak terkait dapat saling mengisi dan berbagi informasi yang diperlukan untuk digunakan dalam keselamatan pelayaran," pungkasnya.

Tag : pelindo iv
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top