Rudiantara Pastikan Sulut Nikmati Internet Kecepatan Tinggi Tahun Depan

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Rudiantara memastikan semua konstruksi Palapa Ring Paket Tengah bisa diselesaikan pada September tahun ini sehingga mampu dioperasikan pada tahun 2019.
Newswire | 26 Mei 2018 06:19 WIB
Palapa Ring Jilid II. - infopublic.id

Bisnis.com, MINAHASA -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memastikan semua konstruksi Palapa Ring Paket Tengah bisa diselesaikan pada September tahun ini sehingga mampu dioperasikan pada tahun 2019.

"Konstruksi Palapa Ring Paket Tengah ditargetkan selesai September 2018," ujarnya saat ditemui di sela-sela buka puasa bersama umat Muslim Manado di Masjid Agung Awwal Fathul Mubien, Jumat (25/5).

Dia melanjutkan pembangunan Palapa Ring merupakan salah satu upaya pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam mewujudkan Nawacita ke-3. "Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan," katanya.

Dia mengatakan Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur tulang punggung jaringan telekomunikasi broadband (pita lebar) berupa pembangunan serat optik yang membentang ke seluruh Indonesia yang dibangun oleh operator telekomunikasi dan sebagian dibangun oleh pemerintah dan ada tiga paket pembangunan.

Ketiganya adalah Palapa Ring Paket Barat, Palapa RIng Paket Tengah, dan Palapa Ring Paket Timur. Adapun proyek Palapa Ring Paket Tengah akan menghubungkan 17 kota/kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara dengan panjang kabel mencapai 2.700 km.

Jika Palapa Ring selesai, lanjut Rudiantara, semua kabupaten di Indonesia akan terhubung dengan jaringan tulang punggung serat optik. Dengan demikian, layanan yang ada di Jawa dan daerah lain tidak memiliki gap yang besar. "Nantinya jaringan broadband telekomunikasi dapat menjangkau ke wilayah-wilayah tersebut," katanya.

Gubernur Olly Dondokambey menyatakan optimistis dengan proyek Palapa Ring Paket Tengah nantinya masyarakat Sulut bakal menikmati kualitas jaringan internet yang lebih baik dengan adanya akses broadband. "Nantinya tidak ada lagi jaringan internet yang terputus. Sehingga semua masyarakat bisa menggunakan internet dengan optimal," katanya.

Gubernur mengatakan kualitas jaringan internet yang optimal itu ditunjang dengan pemasangan kabel optik bawah laut. "Kabel optik Palapa Ring Paket Tengah di Sulawesi Utara dipasang mulai dari Mokupa, Siau hingga Melonguane dan daerah lainnya," ujarnya.

Sumber : antaranews

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top