Desain dan Fitur Baru Gmail

Pada desain baru ini Anda harus mengakses layanan Google lain seperti Google Calendar dan Tasks di panel sebelah kanan.
Gombang Nan Cengka | 27 Mei 2018 15:44 WIB
Desain baru Gmail - Gombang Nan Cengka

Bisnis.com, JAKARTA — Desain dan fitur Gmail bisa dibilang stagnan dalam beberapa tahun terakhir.Tidak banyaknya perubahan ini mungkin buat sebagian orang tidak masalah. Namun, bila Anda bosan dengan tampilan Gmail saat ini, ada berita gembira.

Google pada 11 April lalu mengumumkan bahwa Gmail akan menyediakan antarmuka dan fitur baru. Sebagian di antaranya sudah dapat langsung dicoba pada saat ini, sementara beberapa lainnya akan diaktifkan secara berangsur-angsur dalam beberapa minggu mendatang.

Fitur baru tersebut tidak hanya bisa ditemui pada aplikasi web Gmail, tetapi juga aplikasi ponselnya. Apa saja desain dan fitur baru tersebut?

 

Desain baru

Sejauh ini hanya aplikasi web Gmail yang mengalami perubahan desain, sementara aplikasi ponselnya masih mempertahankan tampilan yang sama meskipun mendapat penambahan fitur.

Untuk mengaktifkan tampilan baru, Anda bisa mengklik ikon Settings (terlihat seperti roda gigi) di sudut kanan atas. Dari sini Anda bisa mengubah tampilan ke desain baru.

Beberapa fitur dasar masih berada di tempat biasa, seperti percakapan Google Hangouts/Talk di sebelah kiri. Namun pada desain baru ini Anda harus mengakses layanan Google lain seperti Google Calendar dan Tasks di panel sebelah kanan. Selain itu Google juga menambahkan Google Keep. Semua aplikasi/layanan web ini bisa ditampilkan sebagai panel yang terintegrasi dengan Gmail.

 

Interaplikasi

Anda bisa dengan mudah menjadikan surat yang sedang dibuka sebagai sumber buat Calendar, Tasks, atau Keep. Sebagai contoh, Anda bisa membuat surat masuk sebagai event di Calendar, atau tugas di Google Tasks. Bila Anda membuka catatan baru di Google Keep, aplikasi ini akan otomatis menjadikan surat yang sedang dibuka sebagai referensi catatan.

Beberapa fitur baru sebenarnya juga bisa ditemukan sebelumnya di Google Inbox, aplikasi alternatif dari Google yang diluncurkan tahun 2014 lalu. Sebagai contoh Gmail sekarang dilengkapi dengan fitur Snooze (menunda), yang akan menyembunyikan surat sampai waktu yang ditentukan. Namun tidak seperti pada Google Inbox, Anda tidak dapat memilih untuk menunda membaca surat itu hingga berada di tempat tertentu. Pada Google Inbox, Anda dapat mengatur agar surat hanya muncul di kantor, sehingga Anda tidak perlu direpotkan ketika membuka aplikasi surel di rumah.

Google juga telah mengumumkan fitur menarik lainnya seperti Smart Reply dan “Confidential Mode”. Confidential Mode (modus rahasia) memungkinkan surel dihapus otomatis setelah beberapa waktu. Anda juga dapat mengatur agar surel tidak dapat dicetak atau diteruskan. Saat artikel ini ditulis, fitur Confidential Mode tampaknya belum diaktifkan, namun Google menjanjikan fitur ini akan muncul dalam beberapa pekan mendatang.

Tag : tips digital
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top