4 Strategi Jitu Promosi untuk Dongkrak Penjualan Saat Ramadan

Untuk mempersiapkan strategi promosi yang tepat, Moka memberikan beberapa tips berikut ini;
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 06 Juni 2018 08:24 WIB
Pengunjung memilih pakaian di salah satu toko yang mengikuti program Jakarta Midnight Sale di sebuah mal, di Jakarta, Jumat (16/6). - Antara/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA - Selama bulan Ramadan, kebiasaan berbelanja akan semakin meningkat karena banyaknya promo yang dihadirkan oleh berbagai bisnis usaha.

Oleh karena itu, bulan Ramadan adalah waktu yang tepat bagi para pengusaha untuk melakukan strategi promosi yang lebih gencar. Untuk mempersiapkan strategi promosi yang tepat, Moka memberikan beberapa tips berikut ini;

1. Buat Promosi Bernuansa Ramadan

Cara untuk melakukan promosi pada bulan Ramadan yang menarik adalah dengan membuat konsep atau tema Ramadan yang religius. Dari menyediakan gambar yang menampilkan simbol-simbol religius atau menawarkan promo bulan Ramadan hingga mengadakan event bertema Ramadan.

Dengan beberapa teknik promosi bertema Ramadan, maka akan banyak orang yang tertarik untuk melakukan pembelian produk bisnis Anda.

2. Pastikan Momentum

Waktu terbaik untuk melakukan promosi pada bulan Ramadan adalah saat menjelang berbuka puasa. Ini karena masyarakat banyak melakukan kegiatan seperti berjalan-jalan sambil mengisi waktu sebelum magrib dan berbuka.

Jika Anda memiliki media sosial, momentum yang tepat untuk melakukan promosi dapat dilakukan pada waktu istirahat siang dan juga waktu sahur. Pada waktu tersebut banyak masyarakat menggunakan internet untuk mengisi waktu luang saat beristirahat atau sambil melakukan sahur.

3. Gunakan Promosi Baik Offline dan Online

Dari sinilah Anda sebagai pengusaha harus bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Jadi, saat menjalankan promosi, jangan hanya menerapkan promosi secara offine, tapi lakukan juga promosi online yang dapat membuat tingkat penjualan makin tinggi.

Promosi online sendiri bisa Anda jalankan dengan berbagai cara seperti menggunakan website dengan SEO promosi via media online, atau juga dengan email marketing.

4. Gunakan Program Loyalitas untuk Mempertahankan Pelanggan

Dengan adanya program ini tentunya nilai bisnis Anda akan bertambah karena pelanggan tidak hanya sekadar berbelanja, poin yang didapatkan oleh pelanggan dapat disimpan dan dikumpulkan untuk ditukarkan dengan hadiah yang menarik tentunya.

Cara ini juga secara tidak langsung dapat mempertahankan hubungan dengan pelanggan dan membuat mereka terus kembali berbelanja di toko Anda. Dari sisi bisnis, Anda pun mendapatkan database pelanggan yang bisa digunakan untuk kembali mempromosikan bisnis melalui SMS ataupun email marketing bahkan hingga Ramadan selesai.

Tag : tips bisnis
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top