Menhub Imbau Lakukan Perjalanan Balik Sebelum 19 Juni

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau warga agar melakukan perjalanan balik seusai Idulfitri sebelum 19 Juni 2018.
MG Noviarizal Fernandez | 13 Juni 2018 17:00 WIB
Kendaraan melintas di samping pesan papan imbauan waspada LGBT (Lagi nyetir Gak Boleh Telepon) di jalur tol fungsional Batang-Samarang, Batang, Jawa Tengah, Senin (11/6/2018). - Antara/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau warga agar melakukan perjalanan balik seusai Idulfitri sebelum 19 Juni 2018.

Dalam telekonferensi pada Rabu (13/6/2018), Menteri Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya telah memperkirakan dalam jalur balik seusai Idulfitri 2018, titik lelah berkendara berada pada Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Oleh karena itu, pihaknya berencana menambah dua rest area pada ruas tol di wilayah-wilayah tersebut sehingga secara keseluruhan akan ada lima rest area di seputaran daerah yang diprediksi menjadi titik lelah.

Menhub juga memperkirakan puncak arus balik bakal terjadi pada 19-20 Juni 2018. Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk melakukan perjalanan sebelum tanggal tersebut guna menghindari terjadinya kemacetan akibat menumpuknya kendaraan.

Kepala Posko Pemantauan Arus Mudik Kementerian Perhubungan Pramintohadi Sukarno mengungkapkan arus hilir berbeda dengan arus mudik tahun ini.

Perbedaan itu terlihat pada distribusi kendaraan yang melintas saat arus mudik lebih merata dikarenakan panjangnya waktu liburan sebelum Idulfitri.

“Waktu liburan lebih lama, sehingga pemudik yang pulang merata tidak menumpuk pada hari-hari tertentu,” ucapnya.

Dia mencontohkan pada H-6 yang diyakini sebagai puncak arus mudik bagi angkutan darat di mana kendaraan yang melintas di ruas tersebut mencapai 109.164 unit, tidak terjadi kemacetan karena distribusi kendaraan menyebar sepanjang hari, tidak menunpuk pada malam hari seperti yang terjadi pada H-3.

Sementara itu, pada arus hilir diperkirakan distribusi kendaraan akan menumpuk pada hari-hari tertentu seperti 19-20 Juni 2018, karena jadwal kerja akan dimulai pada 21 Juni 2018.

Tag : arus balik lebaran, Mudik Lebaran 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top