ISU PERANG DAGANG: Trump Siap Tindak Lanjuti Pengenaan Tarif Impor Asal China

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan siap menghadapi China dalam sektor perdagangan dalam waktu dekat, dengan menindaklanjuti ancaman menjatuhkan tarif impor untuk Negeri Panda.
M. Nurhadi Pratomo | 14 Juni 2018 06:25 WIB
. - .Bloomberg

Bisnis.com,JAKARTA— Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan siap menghadapi China dalam sektor perdagangan dalam waktu dekat, dengan menindaklanjuti ancaman menjatuhkan tarif impor untuk Negeri Panda.

"China bisa sedikit kesal tentang perdagangan karena kami sangat menekan perdagangan," ujar Trump dilansir melalui Bloomberg yang dikutip pada, Rabu (14/6/2018).

Gedung Putih akan melanjutkan rencana untuk mengenakan bea atas barang-barang China senilai US$50 miliar. Langkah itu ditempuh setelah diskusi tingkat tinggi antara Amerika Serikat (AS) dan China yang menghasilkan sedikit kemajuan.

Penasihat Perdagangan Gedung Putih Peter Navarro mengatakan keputusan pengenaan tarif masuk tersebut berada di tangan Presiden AS. Rencananya, pemberlakukan kebijakan akan dimulai pada Juli 2018.

"Itu selalu keputusan presiden,” ujarnya dalam sebuah wawancara di Washington, AS.

Dalam daftar awal, AS telah mengatakan akan mengenakan tambahan 25% bea masuk untuk semua hal dari China mulai dari komponen televisi hingga mesin pencuci piring. Sementara itu, China telah mengancam akan membalas untuk komoditas asal AS mulai dari kedelai hingga pesawat terbang.

Tag : perang dagang AS vs China
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top