MUDIK LEBARAN: KAI Angkut 10 Juta Orang Hingga H-2

PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah memberangkatkan 10.005.923 penumpang menuju daerah tujuan hingga H-2 Lebaran 2018.
Rio Sandy Pradana | 14 Juni 2018 15:51 WIB
Ilustrasi pemudik di Stasiun Gambir - Bisnis/Eva Rianti

Bisnis.com, JAKARTA--PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah memberangkatkan 10.005.923 penumpang menuju daerah tujuan hingga H-2 Lebaran 2018.

Dirjen Perkeretaapian Zulfikri mengatakan sesuai dengan prediksi yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan, angkutan kereta api tetap menjadi pilihan favorit masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik.

"Hingga H-2 Lebaran 2018 telah diberangkatkan sebanyak 10.005.923 penumpang menuju daerah tujuan. Jumlah ini meningkat dari capaian tahun lalu sebanyak 9.835.377 penumpang," kata Zulfikri dalam rilis, Kamis (14/6/2018).

Dia menambahkan para penumpang KA ini diberangkatkan dengan seluruh layanan kelas KA yang ada, baik itu ekonomi, bisnis, eksekutif maupun KA Lokal. Berdasarkan pada rekomendasi dari kegiatan KAIS (Kereta Inspeksi) maupun rampcheck pada April dan Mei lalu, telah dilaksanakan berbagai perbaikan dan peningkatan pelayanan perjalanan KA.

Pihaknya optimistis, jumlah penumpang KA bisa meningkat hingga 3% dibandingkan dengan 2017, sesuai dengan Rencana Operasi Angkutan Lebaran 2018.

Berdasarkan pantauan Ditjen Perkeretaapian, kondisi stasiun-stasiun telah terjamin dari sisi kebersihan maupun kenyamanan. Di berbagai stasiun tersebut, juga sudah tersedia fasilitas kesehatan untuk para pemudik yang membutuhkan perawatan kesehatan.

Guna memberi rasa aman bagi para pemudik, kerjasama telah dilakukan bersama pihak aparat keamanan (Polri dan TNI) dengan mendirikan posko-posko kemanan di berbagai stasiun serta penambahan personil keamanan di atas kereta api.

Ketepatan waktu perjalanan kereta api pun terus dipantau sehingga para pemudik bisa tiba sesuai dengan waktu perjalanan yang direncanakan.

Tag : Mudik Lebaran 2018
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top