Serius Garap Video Daring, Apple Gaet Oprah Winfrey

Apple Inc. mengungkapkan kerja sama mereka dengan bintang TV sekaligus produser ternama Oprah Winfrey. Kerja sama ini merupakan salah satu upaya terbesar Apple untuk bersaing dengan Netflix Inc., Google dan Amazon.com Inc. dalam memperebutkan pasar masa depan video online.
Dhiany Nadya Utami | 17 Juni 2018 21:30 WIB
Oprah Winfrey - Reuters/Mario Anzioni

Bisnis.com, JAKARTA—Apple Inc. mengungkapkan kerja sama mereka dengan bintang TV sekaligus produser ternama Oprah Winfrey. Kerja sama ini merupakan salah satu upaya terbesar Apple untuk bersaing dengan Netflix Inc., Google dan Amazon.com Inc. dalam memperebutkan pasar masa depan video online.

Pihak Apple menyatakan bahwa perjanjian dengan Winfrey merupakan kerja sama multi-tahunan. Keduanya akan membuat program orisinal yang memanfaatkan kemampuan Winfrey untuk merangkul dan terhubung dengan khalayak di seluruh dunia.

“Program tersebut akan hadir sebagai bagian dari jajaran konten orisinal Apple,” demikian pernyataan resmi Apple seperti dikutip dari Bloomberg, Minggu (17/6/2018).

Kendati demikian, Apple tidak membeberkan berapa nilai bayaran yang diterima Winfrey maupun kapan konten tersebut akan dirilis. Menurut seorang sumber, Apple akan mendanai semua proyek, termasuk serial TV, film, dan program lainnya. Selain itu, Winfrey juga akan terlibat langsung dalam beberapa program tersebut.

Raksasa teknologi seperti Apple, Google, Amazon, dan Netflix dari Alphabet Inc. tengah berlomba-lomba untuk menggaet sosok-sosok papan atas Hollywood seperti Winfrey dari perusahaan hiburan yang lebih mapan demi menarik khalayak ke layanan digital mereka sendiri.

Netflix menjadi yang paling agresif, apalagi belum lama ini mereka menandatangani kesepakatan dengan Mantan Presiden AS Barack Obama beserta istrinya Michelle Obama, pencipta "Glee" Ryan Murphy, dan produser "Scandal" Shonda Rhimes. Sementara Amazon baru saja bekerja sama dengan pembuat film “Get Out” Jordan Peele.

Saat Netflix dan Amazon memiliki sejarah menghasilkan hit show, Apple bisa dibilang ketinggalan karena baru memulai kiprahnya. Perusahaan pembuat iPhone ini berencana untuk mulai meluncurkan video konten asli pertamanya pada 2019 mendatang.

Adapun, perusahaan asal Amerika Serikat ini belum membocorkan bagaimana rencana mereka untuk mendistribusikan konten orisinalnya. Sejauh ini sebagian besar layanan digital Apple disematkan ke iPhone, iPads, Mac, dan streaming box TV perusahaan.

Tag : apple, oprah winfrey
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top