Telkomsel Rilis Paket Data Ruangguru

Dari kerja sama ini Telkomsel bisa menambah 5 juta pelanggan baru dari 9 juta pengguna Ruangguru.
Duwi Setiya Ariyanti | 30 Juli 2018 16:28 WIB
Vice President Brand & Communications Telkomsel Nirwan Lesmana (dari kiri) berpose dengan Vice President Prepaid Marketing Rini Novitriyanti, CEO & Co Founder Ruangguru Belva Devara, dan CPO & Co Founder Iman usman, usai memperkenalkan Paket Belajar Tanpa Kuota dan EnsikLOOPedia, di Jakarta, Senin (30/7/2018). - JIBI/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mengincar tambahan pelanggan baru dari kerja sama yang dilakukan dengan aplikasi Ruangguru. 

Vice President Prepaid Marketing Telkomsel, Riny Novitriyanti mengatakan saat ini untuk segmen anak muda yakni pengguna Loop, terdapat 25 juta nomor di jaringan. Adapun, dia menyebut setidaknya dari kerja sama ini pihaknya bisa menambah pelanggan baru sebanyak 5 juta pelanggan dari 9 juta pengguna Ruangguru. 

Menurutnya, untuk bisa menyasar segmen anak muda diperlukan kerja sama dengan penyedia konten yang sesuai dengan segmen pasar ini. Pasalnya, di tahun ini Telkomsel menggenjot monetisasi data agar semakin banyak pengguna data di jaringan. Saat ini, komposisi pengguna data di jaringan Telkomsel sebanyak 54% dari total pengguna. 

Pihaknya pun mendukung agar Ruangguru memperkuat performa di aplilkasi ponselnya. Alasannya, dengan performa di aplikasi ponsel yang lebih bagus, bisa mendorong para pengguna memanfaatkan jaringan seluler untuk mengakses aplikasi tersebut. 

"Ini kalau saya bisa dapat mereka kan [pengguna aktif] 9 juta. Anggaplah kami bisa ambil 5 juta active users, di atas 50% active users-nya mereka dari Ruangguru itu buat saya, something itu. Belum yang melakukan download dan install ya. Peluang untuk kami grab pasarnya cukup besar," ujarnya saat jumpa pers di Jakarta, Senin (30/7/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Chief of Product Ruangguru, Iman Usman mengatakan saat ini terdapat 9 juta pengguna aktif Ruangguru dan diharapkan agar target untuk menyentuh 10 juta pengguna bisa direalisasikan melalui kerja sama ini.

Pasalnya, dia menyebut, paket data menjadi salah satu hambatan akuisisi pengguna baru Ruangguru. Dengan paket data khusus di jaringan Telkomsel senilai Rp25.000 per bulan untuk akses Ruangguru.

"Data sebelumnya yang menjadi barrier," katanya. 

Tag : telkomsel
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top