Rudiantara Tantang Diaspora Pulang Kampung Bangun Bisnis Digital

Empat unicorn asal Indonesia menandakan bahwa Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan bisnis digital.
Duwi Setiya Ariyanti | 06 Agustus 2018 18:02 WIB
Rudiantara - Antara/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berjualan peluang bisnis digital di Indonesia kepada para diaspora di Amerika Serikat.

Menurutnya, pemerintah saat ini bisa menjamin bahwa bisnis digital memberikan peluang menarik bagi para pelaku usahanya. Pasalnya, pemerintah mendorong terbentuknya ekosistem yang mendukung segala bisnis digital di Tanah Air.

Dia menyebut kondisi saat ini menawarkan peluang yang lebih menarik dari kondisi di tahun 2015 hingga 2016. Sebagai contoh, dia menyebut saat ini ada empat unicorn asal Indonesia yang menandakan bahwa Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan bisnis digital.

Proyek infrastruktur jaringan tulang punggung Palapa Ring menjadi salah satu alasan utama mengapa Rudiantara menawarkan peluang bisnis digital kepada para diaspora agar kembali ke Indonesia.

Hal itu disampaikannya dalam acara B3rkolaborasi yang digelar Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (PERMIAS) dengan Indonesian Diaspora Network-United.

Acara itu menjadi kesempatan pertemuan dan diskusi antara alumni, mahasiswa yang sedang berkuliah dan para pelajar yang akan atau tertarik untuk berkuliah di Amerika Serikat.

"Ada empat startup unicorn Indonesia serta Palapa Ring untuk mendukung internet kecepatan tinggi. Kalau sekarang, saya berani mengatakan, ‘kembalilah ke Indonesia’," katanya.

Rudiantara menyebut pemerintah juga memberikan dukungan melalui penyederhanaan proses perizinan untuk memulai bisnis digital. Di sisi lain, masalah-masalah di Indonesia bisa menjadi peluang untuk menyediakan solusi digital.

"Setiap permasalahan itu kesempatan, ada proses bisnis di dalamnya."

Tag : ekonomi digital
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top