Pengelolaan Terminal Dialihkan ke Anak Usaha, Laba Cabang Pelindo II Turun

aba usaha cabang PT Pelindo II (Persero) sepanjang semester I/2018 turun 3,4% secara tahunan karena pengalihan usaha terminal bongkar muat dari beberapa cabang ke anak perusahaan.
Sri Mas Sari | 19 Agustus 2018 23:41 WIB
Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, kontributor utama pendapatan PT Pelabuhan Indonesia II. - Reuters/Yusuf Ahmad

Bisnis.com, TANJUNG PANDAN – Laba usaha cabang PT Pelindo II (Persero) sepanjang semester I/2018 turun 3,4% secara tahunan karena pengalihan usaha terminal bongkar muat dari beberapa cabang ke anak perusahaan.

Berdasarkan data Pelindo II, laba sebelum pajak yang dikantongi seluruh cabang perusahaan selama semester I/2018 senilai Rp444,7 miliar, lebih rendah dari perolehan periode sama tahun lalu yang sebesar Rp459,7 miliar.

Direktur Pengelolaan Cabang dan Anak Perusahaan Pelindo II Riry Syeried Jetta mengatakan saat masih mengelola usaha terminal, cabang sulit beradaptasi mengikuti keinginan pelanggan.

Perusahaan kemudian memutuskan pengalihan pengelolaan usaha terminal beberapa cabang yang volumenya sudah besar kepada anak perusahaan. 

"Ini yang tergambar dengan adanya seperti ini [penurunan laba usaha]," katanya di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, Jumat (17/8/2018).

Ke depan, lanjut Riry, cabang diproyeksikan menjadi representasi kantor pusat yang memastikan konsesi Pelindo II sesuai dengan ekspektasi.

Sementara itu, realisasi pendapatan total cabang Pelindo II paruh pertama tahun ini Rp1,5 triliun atau menyumbang hampir 28% dari seluruh pendapatan perusahaan. Cabang Tanjung Priok mendominasi pendapatan dengan andil 50,2%.

Tag : pelindo ii
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top