Kapal Pelni Kembali Angkut Bantuan Kemanusiaan Gratis ke Lombok

Pelni kembali menyiapkan transportasi gratis dengan KM Egon untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan dari Surabaya, Jawa Timur, ke Lombok, NTB.
Ilham Budhiman | 21 Agustus 2018 16:26 WIB
Seorang warga berada dekat puing-puing rumahnya yang roboh dihantam gempa di Dusun Labuan Pandan Tengak, Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Senin (20/8/2018). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) kembali menyiapkan transportasi gratis dengan Kapal Motor (KM) Egon untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan dari Surabaya, Jawa Timur, ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Angkutan bantuan kemanusiaan gratis kali ini lebih banyak dibandingkan dengan angkutan gratis yang sudah diberangkatkan sebalumnya.

PT Pelni menyiapkan tiga kapal pengangkut bantuan gratis yaitu KM Egon (7/8 dan 21/8/2018), KM Camara Nusantara 3 (17/8), serta KM Tilongkabila (22/8) dari Makassar-Benoa-Lembar (Lombok).

Kepala Kesekretariatan PT Pelni Ridwan Mandaliko mengatakan penyediaan transportasi laut secara gratis dari Pelni mendapat respon positif dari berbagai lembaga, institusi, komunitas dan perusahaan swasta serta BUMN yang telah menggunakan jasa angkutan gratis dari Pelni untuk mengangkut bantuan kemanusiaan ke Lombok.

“Kami bersyukur masyarakat memanfaatkan angkutan gratis PELNI untuk bantuan ke Lombok,” ungkap Ridwan melalui siaran pers Selasa (21/8/2018).

Penyediaan transportasi gratis untuk mengangkut bantuan ke Lombok dari Surabaya dengan KM. Egon akan berangkat pada Selasa (21/8) pukul 15.00 WIB merupakan angkutan gratis ketiga kalinya.

“Permintaan angkutan gratis untuk pemberangkatan hari ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan bantuan yang diangkut sebelumnya. KM Egon muatannya cukup padat, kapalnya dipenuhi angkutan bantuan kemanusiaan gratis untuk Lombok,” tutur Ridwan.

Dari data manifes, KM Egon tercatat ada 54 item barang akan dikirim ke Lombok. Pemkot Surabaya, Forum Zakat, APBMI, relawan Basarnas telah mengirim daftar barang yang akan diangkut ke Lombok.

“Penyediaan transportasi gratis untuk pengiriman bantuan kemanusiaan ke Lombok, telah dua kali dengan KM Egon dan Camara Nusantara 3,” ujarnya.

KM Egon, lanjut Ridwan, merupakan kapal toro sehingga dapat mengangkut mobil, alat berat, dan penumpang. “Kami berterima kasih kepada warga yang memanfaatkan transportasi laut cuma-cuma dari Pelni untuk mengirim bantuan kemanusiaan ke Lombok, NTB,” tambah Ridwan.

Sebelumnya, KM. Camara Nusantara 3 yang diberangkatkan bertepatan dengan HUT RI ke-73 tanggal 17 Agustus 2018 kemarin membawa bantuan dari UPT Ditjen Hubla BP SDM Jatim sebanyak 44 koli, Laziz Nurul Alfah 5 koli, APBMI-Dok Perkapalan 43 koli, Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak 5 koli, PT Sarana Bandar Nasional (SBN), anak perusahaan PT Pelni, 7 koli, serta para relawan peduli bencana.

Kepala Pelni Cabang Surabaya Presda Simangasing, yang mewakili Direksi Pelni pada laporan penyerahan bantuan kepada Nakhoda KM Egon Tamrin Sinurat, mengatakan bantuan yang diangkut barupa kendaraan, alat berat, dan kargo ini untuk diangkut secara gratis dengan kapal Pelni.

Presda menambahkan hingga saat ini sudah ada 13 pengirim bantuan dengan kapal Pelni dari Surabaya ke Lombok terdiri: Pelni Group, Jasa Raharja, UPT Hubla BPSDM Jatim, Laziz Nurul Alfalah, APBMI Dokperkapalan, Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, Relawan Peduli Bencana, Pemkot Surabaya, Basarnas, Galena Logistic Sidoarjo, PTPN XI, Forum Zakat, dan Relawan Basarnas Semarang.

“Sebagai insan Pelni, kita bangga dapat memfasilitasi masyarakat untuk memberikan bantuan angkutan gratis kapal laut ke Lombok. Kepada nakhoda saya titipkan barang-barang ini untuk diserahkan kepada yang memerlukan melalui Kacab Bali dan Ampenan untuk menyalurkan kepada BPBD Lombok,” kata Presda.

Tag : gempa lombok
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top