Kapal Pelni Kembali Gratiskan Angkutan Bantuan Kemanusiaan ke Lombok

PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) kembali menyiapkan transportasi gratis dengan Kapal Motor (KM) Egon untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan dari Surabaya ke Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Dewi Aminatuz Zuhriyah | 22 Agustus 2018 01:45 WIB
Kapal pemandu milik PT Jasa Armada Indonesia menarik kapal penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (11/10). - JIBI/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) kembali menyiapkan transportasi gratis dengan Kapal Motor (KM) Egon untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan dari Surabaya ke Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Angkutan bantuan kemanusiaan gratis kali ini lebih banyak dibanding angkutan gratis yang sudah diberangkatkan sebalumnya.

Dalam hal ini, PELNI menyiapkan 3 kapal pengangkut bantuan gratis, KM Egon (7/8 dan 21/8-18), KM Camara Nusantara 3 (17/8). KM Tilongkabila (22/8) dari Makassar-Benoa-Lembar (Lombok).

Kepala Kesekretariatan PT PELNI (Persero) Ridwan Mandaliko mengatakan, penyediaan transportasi laut secara gratis dari PELNI mendapat respon positif dari berbagai lembaga, institusi, komunitas dan perusahaan swasta serta BUMN yang telah menggunakan jasa angkutan gratis dari PELNI untuk mengangkut bantuan kemanusiaan ke Lombok.

“Kami bersyukur masyarakat memanfaatkan angkutan gratis PELNI untuk bantuan ke Lombok,” terang Ridwan, Selasa (21/8/2018).

Penyediaan transportasi gratis untuk mengangkut bantuan ke Lombok dari Surabaya yang dengan KM. Egon berangkat pada Selasa (21/8) pukul 15.00 WIB merupakan angkutan gratis ketiga kalinya.

“Permintaan angkutan gratis untuk pemberangkatan hari ini jauh lebih banyak dibandingkan bantuan yang diangkut sebelumnya. KM Egon muatanya cukup padat, kapalnya dipenuhi angkutan bantuan kemanusiaan gratis untuk Lombok,” tutur Ridwan.

Dari data manifes, KM Egon tercatat ada 54 item barang akan dikirim ke Lombok. Pemkot Surabaya, Forum Zakat, APBMI, Relawan Basarnas telah mengirim daftar barang yang akan diangkut ke Lombok.

“Penyediaan transportasi gratis untuk pengiriman bantuan kemanusiaan ke Lombok, telah dua kali dengan KM Egon, Camara Nusantara 3,” katanya.

KM Egon, merupakan kapal tipe Roro dan dapat mengangkut mobil, alat berat dan penumpang.


“Kami berterima kasih kepada warga yang memanfaatkan transportasi laut cuma-cuma dari PELNI untuk mengirim bantuan kemanusiaan ke Lombok, NTB,” tambah Ridwan.

Tag : gempa lombok
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top