9.000 UKM Pakai QR Code OVO

OVO menargetkan dapat menyediakan layanan pembayaran berbasis pemindaian kode QR pada lebih dari 100.000 UKM di dalam negeri sepanjang tahun ini.
N. Nuriman Jayabuana | 23 Agustus 2018 13:07 WIB
Ilustrasi pembayaran menggunakan QR Code dengan ponsel pintar - Flickr

Bisnis.com, JAKARTA — Dompet digital OVO mengumumkan layanan pembayaran berbasis pemindaian kode QR di dalam platformnya telah menjangkau 9.000 usaha kecil menengah di Indonesia.

Melalui perluasan layanan tersebut, OVO tak hanya menyasar pembayaran yang terjadi di gerai maupun mal besar. Melainkan, dompet digital itu turut tersedia di berbagai gerai tradisional yang sebelumnya tak terjangkau layanan pembayaran non-tunai.

OVO menargetkan dapat menyediakan layanan pembayaran berbasis pemindaian kode QR pada lebih dari 100.000 UKM di dalam negeri sepanjang tahun ini.

"Dengan QR code OVO, bahkan warung kelontong yang tidak terjangkau pembayaran menggunakan mesin EDC dapat memanfaatkan teknologi dan menerima pembayaran non-tunai. OVO dan Grab yang tersedia di 60 juta unit ponsel, membuka kesempatan besar bagi UKM untuk menumbuhkan bisnis mereka. Tak ada platform pembayaran lain yang dapat memberikan kesempatan ini,” ujar Presiden Direktur OVO Adrian Suherman melalui keterangan resmi (21/8). 

Menurutnya, terdapat hampir 60 juta UKM di Indonesia yang menyumbang lebih dari 60% PDB negara. Meski demikian, kurang dari 8% UKM yang sudah melek teknologi dalam memasarkan produk mereka.

Dengan menjangkau UKM, produk kode QR OVO menyediakan teknologi pembayaran yang efisien di berbagai kotaseperti Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Semarang.

Adrian menyatakan upaya tersebut dilakukan untuk memastikan lebih banyak pemilik usaha kecil, seperti misalnya pujasera, warung, dan kios yang dapat memanfaatkan teknologi pembayaran non-tunai.

OVO menargetkan kemudahan bertransaksi non-tunai dengan menggandeng beragam mitra. Mulai dari beragam toko ritel luring, termasuk hypermarket, department store, kedai kopi, bioskop, operator parkir sampai jaringan rumah sakit terkemuka.  Sepanjang tahun ini, OVO telah mengumumkan kemitraan strategis dengan Alfamart, Bank Mandiri, Grab, Kudo dan Moka.

“Tersedianya QR code di UKM menjadikan OVO sebagai main wallet yang dapat digunakan oleh siapa pun, di mana pun dan kapan pun. Pelanggan sekarang dapat menggunakan dompet digital OVO di seluruh Indonesia, dari restoran hingga minimarket, untuk transportasi, belanja di toko, warung hingga gerai tradisional,” ujarnya.

Tag : fintech
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top