ASIAN GAMES 2018: Aksi Atlet Indonesia Sita Perhatian Pemirsa, Sepak Bola Paling Populer

Aksi para atlet Indonesia di ajang Asian Games 2018 ternyata mampu menyita perhatian masyarakat di seluruh Nusantara. 
Annisa Margrit | 23 Agustus 2018 15:51 WIB
Irfan Jaya (tengah) bersukacita bersama pemain timnas U23 Indonesia usai mencetak gol pertama ke gawang Hong Kong U23 di pertandingan sepakbola Asian Games 2018, Senin (20/8/2018) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Indonesia menang 3-1 dan lolos ke babak 16 sebagai juara Grup A - Bisnis /Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA -- Aksi para atlet Indonesia di ajang Asian Games 2018 ternyata mampu menyita perhatian masyarakat di seluruh Nusantara. 

The Nielsen Company Indonesia menyatakan rasa bangga dan nasionalisme penonton Indonesia dapat tercermin dari antusiasme menonton setiap laga yang diikuti atlet Tanah Air di Asian Games 2018. Hal ini terlihat dari survei yang dilakukan oleh perusahaan riset itu di 11 kota di Indonesia.

Dari semua cabang olahraga (cabor), sepak bola masih menjadi cabor Asian Games 2018 yang paling populer.

"Tiga pertandingan awal timnas Indonesia mendapatkan rating dan share yang cukup tinggi," ujar Nielsen Indonesia dalam keterangan resmi, Kamis (23/8).
 
Laga Indonesia versus Laos mendapat rating 9,1% dan share 37%, yang tertinggi dibandingkan pertandingan lainnya. Sementara itu, pertandingan Indonesia melawan Palestina mendapat rating 8% dan share 33,2%.
 
Pertandingan Indonesia dengan China mendapat rating 7,8% dan share 31,1%, sedangkan Indonesia versus Hong Kong mendapat rating 9,4% dan share 35,6%.

Cabor lain yang juga menjadi perhatian masyarakat adalah bulu tangkis. Meski hanya sebagian kecil yang bisa menonton langsung di Istora Senayan, Jakarta, tapi tidak sedikit masyarakat yang menonton pertandingan tersebut di televisi. 
 
Nielsen Indonesia menyebutkan tayangan pertandingan final itu berhasil memperoleh rating 7,9% dan share 35,6%.

"Cabor bulu tangkis merupakan laga yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia," tutur Nielsen Indonesia.
 
Pertandingan semifinal bulu tangkis beregu putra antara Indonesia dengan Jepang juga menunjukkan antusiasme yang besar. Rating pertandingan tersebut sebesar 5,5% dan share 23,6%.
 
Adapun acara pembukaan Asian Games 2018, yang disiarkan di 11 stasiun televisi Indonesia secara serentak, mampu memperoleh rating 14% dan share 57,2%.
 

Tag : nielsen, asian games 2018
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top