Rp60 Miliar Disiapkan untuk Sambungkan Tol Cisumdawu – Bandara Kertajati

Pemprov Jawa Barat akan menganggarkan dana pembebasan lahan Tp60 miliar untuk menyambungkan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.
Wisnu Wage Pamungkas | 23 Agustus 2018 15:54 WIB
Pekerja membersihkan ruang pengambilan bagasi di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka Kamis (24/5/2018). - Antara/M. Agung Rajasa

Bisnis.com, BANDUNG – Pemprov Jawa Barat akan menganggarkan dana pembebasan lahan Tp60 miliar untuk menyambungkan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan anggaran sebesar Rp60 miliar sudah dirancang agar ketika tol Cisumdawu tuntas bersamaan dengan jalan akses dari Kertajati ke tol tersebut.

“Anggarannya sudah diusulkan, nanti dari seksi VI Cisumdawu di Dawuan ke Kertajati,” katanya di Gedung Sate, Bandung, pada Kamis (23/8/2018).

Menurutnyam usulan anggaran tersebut direncanakan dari saat ini agar proses pembebasan lahan bisa dilakukan pada awal 2019.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jabar agar proses pembebasan lahan dapat dijalankan.

“Dengan demikian, begitu masuk Januari 2019, administrasinya beres, bisa langsung dibayarkan uang ganti ruginya,” tutur Iwa Karniwa.

Dia menjelaksan upaya itu dilakukan agar dua infrastruktur tersebut terintegrasi dan saling terhubung. Menurut Iwa, dengan perencanaan dini, ketika seluruh seksi jalan tol Cisumdawu tuntas, urusan akses ke bandara akan mudah.

"Kami sedang mendorong hal ini dalam rangka percepatan realisasinya,” papar Iwa Karniwa lagi.

Tag : jalan tol, bandara kertajati
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top