Penyambungan Kabel Laut Mataram-Sumbawa Dirampungkan Bulan Ini

"Tiga link kabel laut ruas Mataram – Sumbawa yang sempat terputus akibat gempa yang terjadi pada 5 Agustus lalu saat ini sedang disambungkan kembali. Penyambungan kabel diperkirakan akan selesai pada akhir Agustus ini."
Duwi Setiya Ariyanti | 24 Agustus 2018 04:54 WIB
Petugas melakukan penyambungan kabel fiber optik Indihome dengan menggunakan alat 'splicer' di Desa Seuneubok Teungoh, Idi Rayeuk, Aceh Timur, Aceh, Senin (11/12). - ANTARA/Syifa Yulinnas

Bisnis.com, JAKARTA--Proses penyambungan kabel laut ruas Mataram-Sumbawa diperkirakan rampung pada akhir bulan ini karena sebelumnya terdampak gempa Lombok. 

Dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (23/4/2018), VP Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo mengatakan tiga sambungan kabel laut ruas ini akan terhubung kembali pada akhir Agustus. Adapun, sebelumnya, kabel sempat terputus sejak gempa bumi melanda Lombok pada awal Agustus. 

Terputusnya kabel ini pun mengakibatkan penurunan kualitas layanan seluler dan internet kecepatan tinggi.

"Tiga link kabel laut ruas Mataram – Sumbawa yang sempat terputus akibat gempa yang terjadi pada 5 Agustus lalu saat ini sedang disambungkan kembali. Penyambungan kabel diperkirakan akan selesai pada akhir Agustus ini,” ujarnya. 

Saat ini, kendati penyambungan belum selesai, dia menyebut layanan telah kembali pulih dengan bantuan infrastruktur lain. Adapun, 10 link jaringan tulang punggung dan metro ethernet dari aktivasi kabel ruas Ende-Maumere dan aktivasi ruas Bima-Maumere-Makassar. 

"Sebanyak 10 link backbone dan Metro Ethernet telah berfungsi normal melalui rerouting ke link Ende – Maumere dan rute baru link Bima – Maumere – Makassar."

Tag : telkom
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top