Daftar Rekayasa Pemberangkatan Kereta Api Selama Lari Maraton Asian Games 2018

Stasiun Gambir yang terletak di kawasan Merdeka Barat diprediksi akan terimbas kemacetan akibat pengalihan lalu lintas.
Jaffry Prabu Prakoso | 25 Agustus 2018 20:13 WIB
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Nomor lari marathon Asian Games 2018 berlangsung selama dua hari, tanggal 25 dan 26 Agustus 2018.

Pada pertandingan lari maraton yang berlangsung di akhir pekan ini, beberapa ruas jalan di Jakarta dijadikan rute lomba. Ruas jalan dimaksud adalah GBK Senayan— Jenderal Sudirman –MH Thamrin—Medan Merdeka Barat—Majapahit—Gajah Mada—Hayam Wuruk.

Terkait hal itu, PT Kereta Api Indonesia melakukan penyesuaian dengan melakukan rekayasa perjalanan kereta api.

Senior Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Edy Kuswoyo mengatakan bahwa Stasiun Gambir yang terletak di kawasan Merdeka Barat diprediksi akan terimbas kemacetan akibat pengalihan lalu lintas.

Daftar kereta api yang terkena rekayasa keberangkatan/PT KAI

Guna mengantisipasi kemacetan yang mungkin terjadi di sekitar Stasiun Gambir dikarenakan pengalihan lalu lintas dan kemungkinan terjadi hambatan pada perjalanan calon penumpang KA menuju Stasiun Gambir, Daop 1 melakukan rekayasa pola operasi kereta pada Sabtu dan Minggu (25 dan 26 Agustus 2018).

Rekayasa pola operasi pemberangkatan akan diberlakukan pada 15 kereta yang berangkat dari Stasiun Gambir.

Kereta tersebut akan berhenti luar biasa (BLB) atau berhenti untuk proses naik penumpang di Stasiun Jatinegara.

Operasi rekayasa lalu lintas KA ini berlaku mulai keberangkatan KA 11882 (Argo Parahyangan) yang jadwal berangkatnya pukul 04.20 sampai dengan KA 24 (Argo Parahyangan) keberangkatan pukul 10.30.

“Biasanya KA yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, namun khusus hari Sabtu dan Minggu (25 - 26 Agustus) akan berhenti di Stasiun Jatinegara. Hal ini untuk memudahkan calon penumpang KA yang kesulitan menuju Stasiun Gambir, mereka bisa mencari alternatif dengan naik dari Stasiun Jatinegara,” katanya, Sabtu (25/8/2018).

Dengan adanya rekayasa pola dengan BLB ini, PT KAI juga telah menyiagakan petugas untuk membantu pelayanan penumpang di sana.

Edy menjelaskan bahwa rekayasa pola operasi ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa kerja sama calon penumpang.

Oleh karena itu PT KAI mengimbau agar calon penumpang dapat mengantisipasi dengan memperhitungkan waktu keberangkatan kereta sehingga tidak tertinggal.

“Selain itu, diingatkan kembali agar calon penumpang memastikan membawa identitas dan tiket atau boarding pass yang sesuai untuk memperlancar proses pengecekan di boarding gate stasiun, baik di Gambir ataupun Jatinegara,” ungkapnya.

Tag : pt kai, asian games 2018
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top