Grup Astra Luncurkan Aplikasi Pemesanan Ruang Daring SpotQoe

Grup Astra melalui unit bisnis PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) meluncurkan aplikasi mobile pemesanan ruang pertemuan dan acara secara daring bernama SpotQoe.
N. Nuriman Jayabuana | 28 Agustus 2018 13:18 WIB
Head of SpotQoe Hari Ananta dan Komisaris PT Astragraphia Xprins Indonesia Halim Wahjana berfoto bersama di sela-sela konferensi pers peluncuran SpotQoe di Jakarta, Selasa (28/8). - Bisnis/N. Nuriman Jayabuana

Bisnis.com, JAKARTA -- Grup Astra melalui unit bisnis PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) meluncurkan aplikasi mobile pemesanan ruang pertemuan dan acara secara daring bernama SpotQoe.

SpotQoe merupakan portofolio keempat AXI pada bisnis solusi digital. Perusahaan itu sebelumnya sudah mengoperasikan layanan e-commerce AxiQoe, layanan pencetakan daring PrintQoe, dan layanan logistik CourierQoe.

Komisaris AXI Halim Wahjana mengungkapkan peluncuran aplikasi teranyar tersebut merupakan langkah perusahaan untuk mengakselerasi transformasi digital.

"Apa yang ingin kami berikan adalah nilai tambah yang terbaik melalui inovasi. Melalui SpotQoe, mudah-mudahan kebutuhan pasar terhadap pemesanan ruangan meeting dan event dapat terpenuhi," ujarnya di Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Head of SpotQoe Hari Ananto menyatakan platform itu menyediakan akses terhadap lebih dari 2.500 ruangan di seluruh Indonesia. Hingga akhir tahun ini, ditargetkan akan ada 3.000-5.000 ruangan yang tersedia.

SpotQoe terhubung langsung dengan space hotel, restoran, maupun ruang kerja bersama. Pekerja maupun pebisnis dapat mengakses platform tersebut untuk memesan secara daring dengan cepat.

Dia mengungkapkan SpotQoe merupakan solusi atas empat tantangan industri pemesanan ruangan daring. Empat tantangan itu meliputi masih cukup rendahnya okupansi penyedia ruangan, proses pemesanan ruangan yang masih banyak dilakukan secara manual, keterbatasan aset perusahaan untuk penyelenggaraan meeting dan event, serta semakin berkembangnya tren mobile worker di era digital.

Riset dari Zug IWG yang mensurvei 18.000 pelaku bisnis di 96 perusahaan di seluruh dunia menyebutkan bahwa secara global 70% pelaku bisnis melakukan pekerjaan mereka secara remote setidaknya sepekan sekali dan 53% melakukannya separuh minggu.

"Melalui platform kami, berbagai ruangan untuk kebutuhan event, meeting, dan bekerja, bisa dipesan sesuai kebutuhan pelaku bisnis secara mudah dan cepat. Layanan kami juga memiliki customer service yang responsif serta harga yang lebih menarik dari corporate rate,” lanjut Hari.

Tren kerja secara remote didukung juga oleh penetrasi penggunaan internet dan ponsel Indonesia yang terus meningkat. We are Social pun menyebutkan setidaknya ada 132,7 juta orang melakukan aktivitas online

Sementara itu, Regional Marketing & Communication Manager Archipelago International Nita Janita Ekaniana meyakini platform tersebut mampu menjadi solusi bagi pihaknya dalam mendapatkan pasar yang lebih luas.

"Bagi kami, bekerja sama dengan SpotQoe akan memberikan keuntungan dari segi strategi pemasaran serta promosi. Tentunya, kami berharap melalui SpotQoe pemesanan di hotel-hotel di bawah manajemen Archipelago  International juga bisa terus meningkat," terangnya.

Tag : aplikasi, mice
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top