The 7th IndoEBTKE ConEx 2018 Resmi Dibuka

Agenda tahunan The 7th IndoEBTKE ConEx 2018 kembali digelar. Acara tersebut resmi dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla pada Rabu (29/8/2018).
Denis Riantiza Meilanova | 29 Agustus 2018 20:34 WIB
Pekerja melakukan pemeriksaan rutin jaringan instalasi pipa di wilayah Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Salak yang berkapasitas 377 megawatt (MW) milik Star Energy Geothermal, di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (4/4/2018). - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Agenda tahunan The 7th IndoEBTKE ConEx 2018 kembali digelar. Acara tersebut resmi dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla pada Rabu (29/8/2018).

Acara yang berlangsung pada tanggal 29 – 31 Agustus 2018 di Balai Kartini - Jakarta merupakan agenda tahunan Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) yang didukung oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) khususnya Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE). Berbagai rangkaian kegiatan diselenggarakan pada acara ini antara lain conference, exhibition, breakout session paper competition, dan training session.

Dalam sambutannya Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, acara ini sejalan dengan upaya Pemerintah untuk mengembangkan dan memanfaatkan energi baru, terbarukan dan konservasi energi sebagai sumber energi masa depan serta senada dengan upaya perwujudan Nawa Cita Presiden Joko Widodo.

Lebih lanjut, Menteri ESDM Ignasius Jonan menyampaikan bahwa sesuai dengan komitmen Indonesia pada COP 21 di Paris tahun 2015 mengenai penurunan emisi karbon, pengembangan energi baru terbarukan harus didorong dan dipercepat. Oleh karenanya melalui Kementerian ESDM, Pemerintah terus bekerja keras untuk merealisasikan strategi percepatan pengembangan EBTKE, yang pada akhirnya untuk perwujudan keadilan energi bagi oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Pemerintah mengharapkan acara ini mampu menghasilkan masukan sekaligus terobosan-terobosan baru yang mendukung program dan kebijakan pemerintah untuk percepatan pengembangan energi baru, terbarukan dan konservasi energi.

Tema “Investment Breakthrough to Achive Renewable Energy Target” acara IndoEBTKE ConEx tahun ke-7 ini menekankan energi terbarukan menjadi solusi untuk keamanan energi yang mana pada saat ini terjadi krisis energi di berbagai sektor.

Surya Darma selaku ketua Panitia menyampaikan bahwa saat ini pemerintah juga telah menunjukan komitmennya untuk merealisasikan target yang ditetapkan pemerintah melalui kejelasan dan transparansi dari metodologi yang digunakan dalam menentukan penurunan emisi. METI telah dan akan terus bekerjasama dengan pemerintah untuk mengembangkan energi terbarukan di Indonesia demi kesejahteraan masyarakat.

“Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) adalah organisasi profesi tempat bergabungnya para pakar, peneliti, pemerhati dan perusahaan. METI merupakan mitra kerja pemerintah dalam memberikan masukan-masukan, kajian ilmiah dalam beberapa hal dengan visi untuk dapat mempercepat pengembangan energi terbarukan di Indonesia, oleh karena itu hasil kegiatan The 7thIndoEBTKE ConEx 2018 akan menjadi suatu bentuk laporan yang akan disampaikan kepada pemerintah sebagai masukan,” ujar Surya Darma melalui siaran persnya, Rabu (29/8/2018).

Diskusi yang menarik mengenai energi terbarukan, teknologi energi terbarukan baik dari sisi surface maupun subsurface akan diulas pada kegiatan ini, termasuk diskusi berbagai pihak yang terlibat mulai dari investors, developers, PT PLN (Persero) PT Pertamina, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Keuangan, Kementerian Keuangan, Praktisi Internasional dan masih banyak lagi telah dijadwalkan.

Herutama Trikoranto menyampaikan bahwa IndoEBTKE ConEx tahun lalu dihadiri lebih dari 500 peserta convention serta 4500 visitor yang berkunjung ke eksibisi baik dari dalam maupun luar negeri, melanjutkan sukses tahun lalu IndoEBTKE ConEx 2018 ini diharapkan akan menjadi tradisi berkelanjutan bagi komunitas energi terbarukan sebagai ajang untuk berdiskusi tantangan-tantangan energi terbarukan serta berbagi pengalaman dan keahlian bagi kepentingan bersama antara industri, kampus dan pemerintah.

Tag : energi terbarukan
Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top