Pertumbuhan Bisnis RPX Terdongkrak E-Commerce

Perusahaan penyedia layanan pengiriman ekspres dan solusi logistik terpadu (one stop logistics) RPX Group mencatatkan pertumbuhan bisnis yang signifikan lantaran didorong pesatnya transaksi perdagangan elektronik (e-commerce) dalam beberapa tahun belakangan ini.
Ilham Budhiman | 31 Agustus 2018 06:25 WIB
Ilustrasi - rpx.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan penyedia layanan pengiriman ekspres dan solusi logistik terpadu (one stop logistics) RPX Group mencatatkan pertumbuhan bisnis yang signifikan lantaran didorong pesatnya transaksi perdagangan elektronik (e-commerce) dalam beberapa tahun belakangan ini.

Vice President Express Corporate Sales RPX Eko Marhendro Nugroho mengatakan porsi pasar e-commerce terhadap pertumbuhan perusahaan dinilai cukup besar, kendati tidak bisa disebutkan secara persentase.

"Pertumbuhan kita akhir-akhir ini khususnya dalam tiga tahun terakhir itu mengikuti pertumbuhan e-commerce yang cukup signifikan. Dari sisi pertumbuhan bisa beberapa kali lipat. Jadi tidak bisa dikatakan persentase, tapi [Pertumbuhan] double digit," kata Eko kepada Bisnis, Kamis (30/8/2018).

Selain terdongkrak e-commerce, kata Eko, bisnis lain juga memberikan kontribusi yang cukup baik mengingat RPX memiliki bidang usaha operasional grup.

Bidang usaha itu antara lain jasa pengiriman ekspres domestik dan internasional (retail dan e-commerce), sarana pergudangan, distribusi kargo darat (trucking), penangangan kargo laut dan udara, layanan pengurusan dokumentasi (kepabeanan) serta manajemen dan teknikal gedung (property).

"Kemudian bisnis domestik kita pun cukup tinggi. Pertama itu e-commerce paling tinggi, kedua domestik bisnis karena saya bisa bilang dipisah antara domestik yang non e-commerce dengan domestik yang e-commerce," katanya.

Di samping itu, pertumbuhan bisnis internasional RPX juga tumbuh ketiga tercepat di antara unit bisnis-bisnis yang lainnya. "Jadi tiga bisnis itu yang menopang antara bisnis domestik dan internasionalnya," ujarnya.

Eko mengatakan saat ini RPX memiliki 13.000 outlet di seluruh Indonesia dan cakupannya akan terus bertambah hingga 20.000 di seluruh Tanah Air.

"Karena ini baru bicara Jawa dan Bali. E-commerce bisnis itu 90% terbesar itu di Jawa dan Bali. Dan kita akan kembangkan di bulan ini yaitu Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi sehingga totalnya akan mencapai 20.000-an di Indonesia," ungkapnya.

General Manager e-Commerce & Marketing RPX Albert David Palit mengatakan visi ke depan RPX adalah menjadikan e-commerce salah satu pilar utama perusahaan.

Dia mengatakan ke depannya porsi e-commerce akan mewakili kurang lebih 30% kontribusi secara total bisnis domain RPX Group. "Saat ini kita akan proyeksikan," kata dia.

Tag : rpx group
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top