Wah, PDAM Didorong Rancang Zona Air Siap Minum

Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum atau BPPSPAM mendorong perusahaan daerah air minum untuk merancang zona air minum prima gua meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Rivki Maulana | 04 September 2018 05:12 WIB
Keran air minum di Lapangan Banteng. - JIBI/Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum atau BPPSPAM mendorong perusahaan daerah air minum untuk merancang zona air minum prima gua meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Ketua BPPSPAM Bambang Sudiatmo mengatakan bahwa pengembangan zona air minum prima bisa dilakukan secara bertahap dan dirumuskan dalam rencana bisnis PDAM.

"Apabila belum memungkinkan untuk semua daerah layanan, minimal direncanakan untuk diterapkan perwilayah dulu,” ujarnya melalui siaran pers, Senin (3/9/2018).

Menurutnya, pelayanan air siap minum merupakan salah satu layanan PDAM yang ditunggu oleh masyarakat. Untuk itu, pembuatan zona air minum prima terbilang penting karena akan memenuhi kebutuhan air minum masyarakat secara langsung.

Secara umum, pelayanan PDAM menurut Bambang harus memenuhi 3K, yakni kualitas, kuantitas, dan kontinuitas.

Tiga aspek tersebut tetap mengutamakan prinsip keterjangkauan. Dengan kata lain, harga yang dipatok untuk pelanggan bisa dijangkau oleh seluruh golongan masyarakat, termasuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Di sisi lain, bila PDAM belum mampu mengembangkan pelayanan, beban pengeluaran harus ditekan.

Tag : air minum, pdam, sumber daya air
Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top