Rudiantara Bertemu Masayoshi Son, Ajak Investor Jepang ke Nexticorn Summit

Nexticorn Summit kedua akan berlangsung di Bali pada 13—14 Oktober 2018
Dhiany Nadya Utami | 06 September 2018 10:28 WIB
Nadiem Makarim dari Go-Jek (dari kiri ke kanan), Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, William Tanuwijaya dari Tokopedia, Ferry Unardi dari Traveloka, Kepala BKPM Thomas Lembong, dan Achmad Zaky dari Bukalapak dalam Nexticorn International Summit di Bali, Rabu (9/5/2018) - Bisnis - Demis Rizky Gosta

JAKARTA — Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak pemodal ventura Jepang untuk menanamkan modal ke perusahaan digital rintisan di Indonesia. Salah satunya dengan mengundang mereka ke gelaran Nexticorn Summit bulan depan.

Rudiantara menyebut Nexticorn sebagai peluang bagi para pemodal ventura yang ingin berinvestasi di Indonesia tetapi tak tahu perusahaan mana yang potensial. Nantinya, di ajang tersebut para pemodal dapat bertemu dengan pemilik perusahaan digital potensial yang telah terkurasi untuk diberikan pendanaan.

"Saya mengundang seluruh venture capital untuk hadir dan berpartisipasi pada Nexticorn Summit 13—14 Oktober di Bali," kata Rudiantara dalam Nexticorn Excellency Dinner di Mercedes Me Tokyo, Jepang, Rabu (05/09/2018) waktu setempat, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (6/9/2018).

Agenda Menkominfo ke Jepang kali ini memang mengangendakan secara khusus pertemuan dengan venture capital untuk menginvestasikan pendanaan bagi perusahaan digital rintisan di Indonesia. Pertemuan tersebut dihadiri 26 pemodal ventura dari berbagai wilayah di Jepang.

“Menteri Kominfo bertemu dengan CEO SoftBank Masayoshi Son [yang merupakan] salah satu kampiun dalam venture capital global," kata Lis Sutjiati selaku Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Digital Economy yang turut mendampingi Rudiantara.

Masayoshi Son adalah pendiri SoftBank Group. Modal ventura tersebut adalah pengelola dana ventura terbesar di dunia setelah  mengumpun dana senilai US$93 miliar dengan Arab Saudi sebagai salah satu investor utama.

Dalam lawatannya, Menteri Kominfo juga melakukan bilateral meeting dengan Executive Vice President Japan External Trade Organization (Jetro), Yuri Sato.

"Kami mendukung sepenuhnya pertemuan Nexicorn yang mengundang jejaring investor Jepang yang masuk dalam list Jetro untuk hadir dan turut serta pada Nexicorn yang akan datang," ungkap Sato.

Tag : StartUp
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top