Ke Malang, Menteri Rini Dukung BUMN Cetak Wirausaha Muda Baru

Kementerian BUMN terus memberikan dukungan bagi pengembangan ekonomi masyarakat melalui program-program yang menciptakan pengusaha-pengusaha muda di Indonesia.
Yodie Hardiyan | 15 September 2018 23:19 WIB
Ilustrasi wirausaha mandiri - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus memberikan dukungan bagi pengembangan ekonomi masyarakat melalui program-program yang menciptakan pengusaha-pengusaha muda di Indonesia.

Dukungan ini diberikan Rini saat menghadiri acara Wirausaha Muda Mandiri di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, pada Sabtu (15/9/2018).

Melalui acara ini, Menteri Rini mengungkapkan keberadaan para pebisnis muda akan memperkuat kewirausahaan nasional dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Semoga program ini terus melahirkan wirausaha-wirausaha muda yang pada akhirnya dapat menopang perekonomian nasional. Apresiasi saya bagi Bank Mandiri yang untuk ke- 11 kalinya menyelenggarakan program ini dan terima kasih kepada universitas-universitas yang sudah mendukung mewujudkan program ini,” ungkap Rini.

Program Wirausaha Muda Mandiri merupakan program di bawah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang telah menciptakan ribuan pengusaha-pengusaha baru. Penciptaan pengusaha baru itu dilakukan melalui sinergi yang kuat dengan lebih dari 300 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Dalam pelaksanaanya, Program Wirausaha Muda Mandiri bersinergi dengan program-program pemerintah, khususnya program-program Kementerian BUMN seperti Rumah Kreatif BUMN, Balai Ekonomi Desa, dan program lainnya yang mendorong pengembangan ekonomi di masyarakat.

"Kami di Kementerian BUMN juga memiliki program-program yang mendukung pengembangan UMKM dan terus kita dorong untuk terus berkembang dan maik kelas. Dari sisi pendanaan juga kami punya bank-bank Himbara yang siap mendukung. Sudah saatnya kita dukung anak muda untuk terus brekreasi dan berprestasi," tegas Rini.

Tahun ini, Bank Mandiri kembali melahirkan 20 pelaku usaha muda potensial, tangguh dan profesional melalui kegiatan Kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2018.

Selain 20 pemenang, WMM 2018 juga menghimpun lebih dari 800 calon pebisnis yang tercatat mengikuti proses penyisihan lewat 34 perguruan tinggi di Indonesia dan 10 komunitas maupun inkubasi bisnis.

Para pemenang program WMM 2018 juga berkesempatan mendapatkan berbagai kemudahaan dalam mengakses produk Bank Mandiri dengan nilai dan kondisi yang bervariasi sesuai kebutuhan.

Perseroan juga berupaya mendorong para pemenang dan finalis untuk melindungi hak kekayaan intelektual terkait bisnis yang digeluti sehingga dapat digunakan secara optimal sebagai aset produktif.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan pelaksanaan program WMM diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk menjadi generasi yang dapat menciptakan lapangan kerja yang peduli dan mau berkontribusi dalam pembangunan.

"Ini tentu jadi suatu kebanggaan karena dapat melipatgandakan jumlah pelaku usaha di Tanah Air," ujar Kartika.

Tag : wirausaha
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top