Enggar Minta Penjualan AMH-o Dilimpahkan kepada Swasta

Pemerintah berharap penjualan Filling Machine Anjungan Minyak Goreng Hygienist Otomatis (AMH-o) dilimpahkan kepada swasta.
M. Richard | 16 September 2018 09:47 WIB
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mencoba mesin Filling Machine Anjungan Minyak Goreng Hygienist Otomatis (AMH-o) buatan Pindad di Bandung, Sabtu (15/9 - 2018). Foto: RRI.co.id

Bisnis.com, BANDUNG -- Pemerintah berharap penjualan Filling Machine Anjungan Minyak Goreng Hygienist Otomatis (AMH-o) dilimpahkan ke pihak usaha swasta.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan setiap korporasi memiliki keahlian masing-masing, dan pembagian tugas akan sangat baik untuk dapat membuat semua pelaku ekonomi bergerak.

"Harusnya penjualan itu bisa dilimpahkan ke pihak swasta, sehingga kecemburuan antar pelaku usaha bisa berkurang," katanya.

Lagi pula, dia mengatakan, pihak terakhir yang akan benar-benar memanfaatkan AMH-o adalah pihak swasta dan masyarakat.

Dia mencontohkan, industri mobil PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang melimpahkan tugas penjualannya kepada PT Astra International Tbk. 

"Aturan seperti itu saja ada di pihak swasta, kenapa di BUMN tidak, yang mereka juga sebenarnya agent of development dari perekonomian," katanya.

Hanya saja, Enggar mengatakan, pembagian tugas tersebut belum direncanakan untuk disusun dalam aturan yang baku. 

Enggar akan lebih mengedepankan komunikasi persuasif kepada PT Pindad (Persero)--selaku produsen-- utuk dapat memilih pihak sawasta yang dapat menjualkan AMH-o.

Adapun,  PT Pindad telah memproduksi 20 unit AMH-o untuk peluncuran pertamannya. Jika pasar tersedia mereka optimistis dapat memproduksi AMH-o 100 unit per harinya.

Tag : Pindad
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top