Tambang Emas Martabe Gelar Pekan Informasi Katarak 2018 di Sumatra Utara

PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe, menggelar Pekan Informasi Katarak 2018 di Sumatra Utara sebagai bentuk kepedulian untuk menekan jumlah angka penderita katarak di provinsi tersebut.
Denis Riantiza Meilanova | 16 September 2018 22:14 WIB
Ilustrasi - Antara
Bisnis.com, BATANG TORU, Tapanuli Selatan - PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe, menggelar Pekan Informasi Katarak 2018 di Sumatra Utara sebagai bentuk kepedulian untuk menekan jumlah angka penderita katarak di provinsi tersebut.
Tahun ini, sosialisasi tersebut diselenggarakan di beberapa kota, yakni Medan, Batangtoru, Padangsidimpuan, Panyabungan, Sibolga, dan Tarutung pada 13-15 September 2018 dengan total peserta sebanyak 1.140 orang.
Senior Manager Corporate Communications Agincourt Resources Katarina Siburian Hardono menjelaskan, Pekan Informasi Katarak 2018 sekaligus menjadi pembuka rangkaian Pemeriksaan dan Operasi Katarak Gratis 2018 "Buka Mata Lihat Indahnya Dunia", yang merupakan hasil kerjasama Tambang Emas Martabe, A New Vision dan Kodam I Bukit Barisan.
“Kegiatan tahunan ini juga merupakan bagian dari dukungan Tambang Emas Martabe terhadap visi pemerintah Indonesia untuk mewujudkan Indonesia bebas buta katarak pada 2020, diharapkan setiap penduduk mempunyai hak untuk dapat melihat secara optimal,” ujar Katarina melalui keterangan tertulisnya yang diterima Minggu (16/9/2018).
Dia merinci, Pekan Informasi Katarak 2018, dilakukan di RS TNI Putri Hijau, Medan pada 13 September 2018.  Dilanjutkan di Sopo Daganak, Batangtoru, Makodim 0212/TS, Padangsidimpuan dan Makodim 0211/TT, Sibolga pada 14 September 2018, serta di Koramil 13 Panyabungan, dan Makodim 0210/TU Tarutung pada 15 September 2018.
Selama mengikuti sosialisasi, para peserta mendapatkan penjelasan mengenai berbagai penyakit mata, khususnya katarak. Tak hanya itu, pengetahuan lainnya yang diberikan kepada para peserta sosialisasi adalah untuk melakukan pemeriksaan mata atau visus.
"Kami kembali mengadakan Pekan Informasi Katarak, dan nantinya diikuti oleh pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis sebagai bentuk konsistensi komitmen kami bahwa kami tidak hanya fokus pada perekonomian, namun kami juga peduli akan kesehatan yang menjadi salah satu penentu tingkat kesejahteraan masyarakat Sumut khususnya Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Mandailing Natal, dan sekitarnya,” kata Katarina.
Tambang Emas Martabe telah menyelenggarakan rangkaian Operasi Katarak Gratis "Buka Mata Lihat Indahnya Dunia" sejak 2011. Lebih dari 5.500 orang telah memiliki pemahaman dasar mengenai katarak melalui Pekan Informasi Katarak, lebih dari 20.000 orang mengikuti pemeriksaan mata gratis, dan 6.289 orang telah berhasil mendapatkan penglihatan kembali melalui operasi ini. Secara total, telah lebih dari 25.000 orang memperoleh manfaat tidak langsung dari seluruh rangkaian program ini.
Setelah pelaksanaan Pekan Informasi Katarak 2018, rangkaian pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis akan dilakukan pada 10-11 Oktober 2018 di RS TNI Putri Hijau, Medan dan pada 12-15 Oktober 2018 di RS TNI Losung Batu, Padangsidimpuan.

Tag : tambang emas martabe
Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top