Telkom Sediakan Wi-Fi Gratis dan 1.000 Kartu SIM di Kawasan Bencana Sulawesi Tengah

Saat ini, tutur Bob, pemulihan jaringan Telkomsel telah mencapai 70%.
Duwi Setiya Ariyanti | 04 Oktober 2018 14:42 WIB
Warga berjalan di depan rumah mereka yang dihantam gempa dan tsunami di Desa Wani, Donggala, Sulawesi Tengah, di dekat kapal feri yang terangkat dari lautan ke daratan. Gempa dan tsunami terjadi pada Jumat (28/9/2018) menjelang malam dan foto diambil pada Selasa (2/10/2018). - Reuters/Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. menyediakan layanan internet nirkabel gratis di 157 lokasi dan 1.000 kartu SIM guna memenuhi kebutuhan telekomunikasi pascagempa di Sulawesi Tengah.

Dalam keterangan resminya, Kamis (4/10/2018), pemberian fasilitas tersebut dilakukan Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga kepada Polisi Daerah Sulawesi Tengah. Adapun, koneksi WI-Fi disediakan di 157 lokasi di antaranya Palu, Donggala, Ampana, Banggai, Luwuk, Marisa, Parigi, Poso, dan Toli menggunakan SSID TelkomPeduli. Sementara itu, kartu SIM prabayar gratis dibagikan pula kepada aparat kepolisian dan relawan untuk mengoptimalisasi upaya penanganan pascabencana.

Bagi warga terdampak bencana yang berada di Donggala dan Palu, Telkom menyediakan paket gratis untuk panggilan suara dan SMS yang berlaku selama sepekan.

Aktivasi paket gratis telepon dan SMS dapat diaktifkan melalui menu UMB *888*20# atau SMS dengan mengetik SULTENG lalu kirim ke 8999. Melalui aktivasi paket itu, pelanggan akan mendapatkan 50 menit dan 200 SMS gratis ke seluruh operator.

Akses telepon gratis pun tersedia di gerai GraPARI Palu yang beralamat di Jalan Professor Muhammad Yamin No. 9, Palu Selatan, Kota Palu. Lalu, di Posko TNI/Pemda, Posko Korem, Posko Bandara, Posko Kantor Walikota, Posko Kantor Gubernur, dan RS Undata Palu.

Direktur Network and IT Solution (NITS) Telkom Zulhelfi Abidin mengatakan upaya penanganan bencana perlu mendapat dukungan layanan komunikasi agar proses evakuasi dan pencarian korban bisa berjalan dengan cepat. "Kami menyadari bahwa layanan komunikasi sangat penting saat kondisi bencana seperti ini, khususnya untuk mengabarkan keluarga, koordinasi SAR, BNPB, TNI-Polri, sukarelawan dan update kondisi terkini wilayah bencana," katanya.

Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mengatakan pihaknya mempercepat pemulihan infrastruktur dan kualitas layanan komunikasi. Saat ini, tutur Bob, pemulihan jaringan seluler telah mencapai 70%. Layanan SMS dan telepon suara sudah berjalan normal namun layanan internet 4G secara bertahap pulih seperti di Palu, Donggala, dan Luwuk.

"Hingga saat ini, recovery jaringan Telkomsel sudah mencapai 70%. Layanan komunikasi SMS dan voice sudah normal, demikian juga layanan internet 4G juga sudah berangsur pulih di kabupaten dan kota terdampak bencana, seperti di Palu, Donggala, dan Luwuk,” katanya.

Tag : telkom, Gempa Palu
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top