Aksi BUMN, ASDP Bakal Remajakan 50 Unit Kapal Ro-ro

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bakal melakukan peremajaan kapal roll on roll off secara bertahap hingga 5 tahun mendatang sebagai rencana jangka panjang perusahaan feri pelat merah itu.
Ilham Budhiman | 08 November 2018 15:59 WIB
Sejumlah penumpang menuruni kapal penyeberangan Padangbai-Lembar (Bali-Lombok) di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali, Rabu (14/6). PT ASDP menyiapkan 33 armada kapal feri dan mengoperasikan dua dermaga Pelabuhan Padangbai untuk melayani penumpang penyeberangan Bali-Lombok selama masa angkutan mudik lebaran yang diperkirakan akan mencapai puncaknya pada H-2 lebaran. ANTARA FOTO - Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bakal melakukan peremajaan kapal roll on roll off (ro-ro) secara bertahap hingga 5 tahun mendatang sebagai rencana jangka panjang perusahaan feri pelat merah itu. 

Direktur Teknik dan Operasional PT ASDP Indonesia Ferry La Mane mengatakan peremajaan dalam bentuk pembuatan kapal baru ke galangan kapal tersebut dimulai pada 2019 dengan total 50 unit. 

Selain penggantian kapal lama dengan kapal baru, dia mengatakan bawah akan ada penambahan kapal baru dengan komposisi 50% mengingat rata-rata usia kapal sudah mencapai 20 tahun. Kapal baru akan disebar diperlintasan yang okupansinya meningkat.

"Ukurannya variatif, ada 1.500 sampai dengan 10.000 GT [gross tonnage]. Kita siapkan," ujarnya, Kamis (8/11/2018).

Namun, La Mane tidak memaparkan jumlah kapal yang akan diganti per tahunnya. Dia hanya menyebut total perkiraan investasi yang akan digelontorkan operator milik BUMN itu senilai Rp3triliun-Rp4 triliun. 

Sampai saat ini, La Mane menyebutkan jumlah kapal yang dimiliki ASDP berjumlah 154 kapal. Adapun kapal yang akan dibangun tersebut dinilai lebih efisien dibandingkan dengan kapal yang usianya cukup tua. 

Perkembangan dimensi muatan juga menjadi alasan penggantian kapal lama dengan kapal yang ukurannya lebih besar. La Mane mengatakan nantinya kapal baru dapat menampung hingga 200 kendaraan campuran.  "Selain pengadaan kapal, kami terus melakukan modernisasi pelabuhan di masa yang akan datang," katanya. 

Tag : pt asdp indonesia ferry
Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top