LOKET Gandeng Bhinneka Jualan Tiket Borongan

Afiliasi LOKET dapat memperoleh hak penjualan tiket eksklusif dan penetapan harga spesial bagi konsumen masing-masing.
N. Nuriman Jayabuana | 18 November 2018 16:38 WIB
Rama Adrian (kanan) memberikan tiket pada VP Services Bhinneka, Ferryzal Zulkarnain sebagai simbolisasi kerja sama dalam Loket Distribution Program, di Jakarta, Kamis (15/11/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan teknologi layanan manajemen tiket, LOKET, menggandeng Bhinneka sebagai afiliasi tunggal pendistribusian tiket daring dengan model business-to-business (B2B).

Melalui kerja sama tersebut, LOKET mulai menjajaki peluang pendistribusian tiket untuk korporasi. 

VP Consumer Solutions Loket, Rama Adrian, mengungkapkan perusahaan selama ini terfokus pada penyediaan sistem distribusi tiket langsung kepada konsumen.

Hanya saja, beragam korporasi yang memberikan masukan untuk menyediakan sistem proses pengadaan tiket yang lebih spesifik untuk korporasi.

"Kemitraan dengan Bhinneka sangat unik karena mereka satu-satunya afiliasi yang memfokuskan bisnis B2B. Tentunya ini jadi segmen pasar baru yang selama ini butuh akses ke industri hiburan secara profesional,” ujarnya di kantor pusat Go-Jek, Kamis (15/11).

Kemitraan dengan Bhinneka Bisnis merupakan bagian dari inisiatif LOKET Distribution Program (LDP) yang merupakan skema distribusi penjualan tiket daring yang dikelola perusahaan melalui afiliasi.

Afiliasi LOKET dapat memperoleh hak penjualan tiket eksklusif dan penetapan harga spesial bagi konsumen masing-masing. Mitra tersebut nantinya dapat mendistribusikan tiket dengan mengintegrasikan sistem Application Programming Interface (API), mengoperasikan agent dashboard, atau melalui fitur widget.

VP Services Bhinneka, Ferryzal Zulkarnain, mengungkapkan melalui kemitraan tersebut perusahaan dapat mengakuisisi lebih banyak klien yang membutuhkan fitur pemborongan (bulk purchase) tiket kebutuhan korporasi, seperti pada tiket pertunjukan, theme park, workshop, konferensi, dan pameran.

"Dengan kemitraan ini, kami dapat memberikan nilai tambah kepada lebih dari 40.000 pelanggan B2B Bhinneka,” ujarnya.

Bhinneka dikenal sebagai marketplace yang menyedikan beragam elektronik dan peralatan perkantoran bagi korporasi melalui Bhinneka Bisnis. Perusahaan itu turut menyasar segmen business-to-government melalui proyek katalog elektronik yang digulirkan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Pembelian tiket untuk korporasi sudah dapat dilakukan melalui situs resmi Bhinneka Bisnis. Hanya saja, pengguna terlebih dulu perlu melakukan registrasi dengan menginput beragam data perusahaan untuk diverifikasi.

LOKET telah bermitra dengan sebanyak 30 mitra afiliasi yang sebagian besar berfokus mendistribusikan produk untuk konsumen. Sampai Agustus 2018 lalu, LOKET mengaku telah menjual sekitar 6,3 juta tiket dari penyelenggaraan 3.500 acara yang dikelola.

Tag : StartUp
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top