Jaringan Serat Optik Telkom Masuk Pematangsiantar

Duwi Setiya Ariyanti | 26 November 2018 07:47 WIB
GM Telkom Witel Denpasar I Komang Widnyana Karang (kiri) melakukan pemutusan jaringan kabel tembaga menandai modernisasi jaringan ke fiber optik di RV STO Monang-Maning Denpasar, Jumat (7/4/2017). Telkom Denpasar tahun ini menyediakan capex Rp185 miliar untuk modernisasi jaringan dari kabel tembaga ke fiber optik. - Bisnis/Ema Sukarelawanto

Bisnis.com, JAKARTA — Perluasan modernisasi jaringan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. telah menyentuh Pematangsiantar, Sumatra Utara. 

Dalam keterangan resminya, Minggu (25/11/2018), Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga mengatakan pihaknya terus memperluas modernisasi jaringan seiring dengan naiknya kebutuhan penerapan kota pintar. Saat ini, katanya, sudah terdapat 82 kota yang telah tersentuh kabel serat optik dari modernisasi jaringan. 

Adapun, di Pematangsiantar, kini serat optik yang tergelar memiliki kapasitas 16.864 pelanggan. Total panjang serat optik yang tergelar di Sumatra Utara menjadi 3.025 meter. 

Selain itu, infrastruktur seperti 76 base transceiver station (BTS) dan 607 titik akses jaringan internet nirkabel juga tersedia di Pematangsiantar.   

Dia menyebut modernisasi jaringan akan terus diperluas ke kota-kota kecil dan wilayah terpencil. 

"Telkom berkomitmen terus membangun masyarakat digital Indonesia dan mendukung kemajuan ekonomi digital nasional melalui penyediaan infrastruktur dan konektivitas yang merata, bukan hanya di wilayah perkotaan, tetapi juga di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal," katanya. 

Tag : serat optik
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top