Desainer Pemenang IFCA akan Disambungkan dengan Pelaku IKM

Kemenperin mulai 2019 akan memfasilitasi pemenang Indonesia Fashion & Craft Awards atau IFCA dengan pelaku IKM agar karya mereka bisa diproduksi massal.
Feri Kristianto | 26 November 2018 13:33 WIB
Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih memberi penghargaan kepada desainer pemenang Indonesia Fashion & Craft Awards 2018. JIBI - BISNIS/Feri Kristianto

Bisnis.com, DENPASAR--Kemenperin mulai 2019 akan memfasilitasi pemenang Indonesia Fashion & Craft Awards atau IFCA dengan pelaku IKM agar karya mereka bisa diproduksi massal.

Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih menyatakan pihaknya akan mengawinkan pemenang dengan sentra-sentra dimana desain milik desainer muda bisa diwujudkan.

Dia mengakui langkah ini merupakan kenaikan tahap dari sebelumnya hanya memberikan penghargaan.

"Intinya agar bagaimana produk desainer muda ini bisa diproduksi secara besar. Ini bentuk bantuan dari pemerintah buat calon pengusaha muda ini," jelasnya ditemui di Denpasar, Senin (26/11/2018).

Gati menjelaskan pihaknya benar- benar akan menghubungkan desainer agar produknya bisa diproduksi.Selain itu, pihaknya juga akan menyeleksi IKM yang bisa diajak bekerjasama sehingga produk sesuai dengan rancangan desainer.

Bantuan ini diberikan karena para desainer muda tentu akan terkendala dalam mewujudkan produk. Sebagai pelaku usaha pemula, mereka akan dihadapkan dengan kesusahan untuk mengontrol kualitas produk yang dihasilkan pelaku usaha.

"Selama ini kan mereka hanya memproduksi satu karya saja, kalau banyak tentu harus memperhatikan kualitas dan hal lain," jelasnya.

Gati menuturkan pada akhir Desember ini pihaknya juga akan meminta rencana bisnis dari para desainer sebelum dipertemukan dengan pelaku IKM.

Dia mengatakan beberapa pemenang dari ajang IFCA pada periode sebelumnya akan dilibatkan dalam program ini.

Tag : desainer, ikm
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top