Kemenkes: Health Tourism Akan Berdampak Positif

Jika health tourism atau pariwisata kesehatan berkembang di Indonesia akan memberikan dampak positif untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 28 November 2018 22:36 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi.

Bisnis.com, JAKARTA — Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi mengatakan jika health tourism atau pariwisata kesehatan akan memberikan dampak positif untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Untuk itu, dari konteks heritage kita, apa yang kita miliki, sebenarnya [dengan ditambah pelayanan pariwisata kesehatan] kita akan kaya untuk itu, pasti berdampak [positif] terhadap masalah ekonomi kita [Indonesia]," tutur Oscar saat ditemui seusai menghadiri acara Konferensi Nasional Promosi Kesehatan Rumah Sakit Ke 4 di Mercure Convention Center, Ancol, Jakarta Utara, Rabu malam (28/11/2018).

Selain itu, Oscar menilai dengan berjalannya program pariwisata kesehatan juga dapat memberikan feedback bagi tenaga kesehatan Indonesia untuk lebih mempelajari lebih jauh tentang-tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan kekayaan bangsa di bidang kesehatan.

"Dan juga bagaimana keunggulan-keunggulan kita [dalam bidang kesehatan] makanya pelayanan-pelayanan kesehatan kita juga harus siap" lanjutnya.

Selain itu, dengan adanya program pariwisata kesehatan, keluarga pasien wisatawan luar negeri ataupun keluarga dari masyarakat Indonesia yang datang dari luar kota untuk berobat di rumah sakit yang memiliki program health tourism dapat terjaga kesehatan mentalnya.

Di mana para penjaga atau orang yang mendampingi si pasien dapat menggunakan waktu luangnya untuk bertamasya dengan fasilitas pariwisata yang tersedia di dekat rumah sakit atau area rumah sakit tersebut.

"Iya ada inovasi [pariwisata] yang bisa kita buat [disediakan]," tandasnya.

Tag : pariwisata, kesehatan
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top