Gandeng Lockheed, Amazon Sediakan Layanan Akses Data Satelit Tanpa Hambatan

Amazon Web Service, Inc. mengintegrasikan layanan baru mereka, AWS Ground Station, dengan jejaring antena bernama Verge milik perusahaan Lockheed Martin Corp. Kolaborasi tersebut ditujukan untuk mempermudah dan mempermurah akses data satelit.
Wike Dita Herlinda | 28 November 2018 05:07 WIB
Suasana AWS re:Invent 2018 di The Venetian, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat pada Selasa (27/11/2018) waktu setempat. - Wike D. Herlinda

Bisnis.com, LAS VEGAS - Amazon Web Service, Inc. mengintegrasikan layanan baru mereka, AWS Ground Station, dengan jejaring antena bernama Verge milik perusahaan Lockheed Martin Corp. Kolaborasi tersebut ditujukan untuk mempermudah dan mempermurah akses data satelit.

Kolaborasi antara anak perusahaan Amazon.com Inc. dengan perusahaan teknologi aerospasial yang berbasis di  North Bethesda, Maryland tersebut digadang-gadang menjadi solusi bagi pengguna yang membutuhkan akses tanpa gangguan untuk mengunggah maupun mengunduh data dari ribuan satelit yang mengorbit.

Executive Vice President Lockheed Martin Rick Ambrose menjelaskan, integrasi dengan antena Verge tersebut memungkinkan pengguna AWS Ground Station untuk mengunduh data dari banyak satelit sekaligus pada saat bersamaan.

“Pengunduhan data satelit dapat dilakukan tanpa interupsi, sekalipun terjadi hal-hal di luar rencana seperrti cuaca buruk," ujarnya di sela-sela peluncuran AWS Ground Station dalam konvensi AWS: reInvent 2018 di The Venetian, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat pada Selasa (27/11/2018) sore, waktu setempat.

Menurutnya, pelanggan Lockheed juga diuntungkan karena kerja sama dengan AWS. Pasalnya, proses mengunggah maupun mengunduh data satelit dalam jumlah besar melalui antena Verge dapat dilakukan dengan lebih cepat via jaringan komputasi awan yang dimiliki AWS.

Tidak hanya itu, lanjutnya, akses data satelit dapat lebih murah karena tidak membutuhkan pembangunan maupun sewa infrastruktur tambahan berupa antena bumi.

Lebih lanjut, dia mengatakan, integrasi layanan stasiun bumi AWS dan antena Lockheed tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengakses data-data krusial yang berkaitan dengan keamanan publik, misi militer, mendeteksi ancaman lingkungan, memperkirakan cuaca, maupun observasi kargo, kapal, dan maskapai.

Sementara itu, Program Manager Ground Station untuk Spire Global Inc. Robert W. Sproles mengatakan, akses informasi geospasial bisa membantu pemerintah maupun instansi swasta dalam mengambil keputusan yang krusial.

“Kombinasi antara komputasi awan AWS dan teknologi Lockheed Martin memungkinkan pengguna untuk men-downlink banyak data satelit secara bersamaan sekaligus. Hal ini sangat membantu konsumen dalam meminimalisasi berbagai risiko dalam mengambil keputusan."

Tag : amazon.com
Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top