Kementan Jamin Produksi Cabai dan Bawang Merah Aman

Kementerian Pertanian meyakini produksi cabai dan bawang merah akan aman-aman saja sampai dengan akhir tahun.
Pandu Gumilar | 29 November 2018 20:05 WIB
Petani panen bawang merah di Desa Taraban, Pamekasan, Jawa Timur, Senin (2/10). - ANTARA/Saiful Bahri

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pertanian meyakini produksi cabai dan bawang merah akan aman-aman saja sampai dengan akhir tahun.

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikultura, Prihasto Setyanto mengatakan produksi cabai dan bawnag merah aman. Selain itu harga di tingkat konsumen pun relatif stabil dan belum ada goncangan.

Berdasarkan data pantauan harga di Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) cabai rawit sekitar Rp39.000/kg, cabai keriting Rp32.000/kg dan bawang merah Rp26.950/kg.

"Untuk cabai masih panen di Lumajang, Tuban, Banyuwangi, Kediri, Blitar, Cianjur. Tidak ada hambatan produksi, karena cabai tidak perlu banyak air," katanya lewat telepon Kamis (29/11/2018).

Menurutnya kalau iklim yang terjadi sama dengan tahun ini itu tidak akan mengganggu produksi sama sekali. Memang ada sedikit pergeseran hujan, tapi hal itu bahkan tidak berimbas sampai harga di tingkat konsumen.

Begitu pun dengan produksi bawang merah, Prihasto meyakini kondisi masih terjaga sampai di tingkat petani dan konsumen."Bawang merah panen masih luas di Demak terutama. Panen raya juga ada di Kendal dan Probolinggo," katanya.

Dia pun mendengar ada petani yang mengganti komoditas tapi itu tidak samlai mengganggu kestabilan. Peralihan komoditas, menurutnya masih dalam tahap yang wajar.

Perihal momentum Natal dan Tahun Baru, Prihasto mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Gapoktan dan Pemerintah daerah untuk menjaga pasokan bawang merah dan cabai ke ibukota agar harga stabil.

Tag : bawang merah, cabai
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top