Ini Gambaran Tarif KMP Komodo untuk Wisata Labuan Bajo

Tarif KMP Komodo yang mengantar wisatawan dari Labuan Bajo ke Pulau Komodo dan sekitarnya akan berada di kisaran Rp800.000 per orang. 
Sri Mas Sari | 01 Desember 2018 12:36 WIB
Pemandangan di Pulau Padar, salah satu objek wisata unggulan di Labuan Bajo, selain Taman Nasional Komodo - M. Taufikul Basari

Bisnis.com, LABUAN BAJO -- Tarif KMP Komodo yang mengantar wisatawan dari Labuan Bajo ke Pulau Komodo dan sekitarnya akan berada di kisaran Rp800.000 per orang. 
 
KMP Komodo nantinya sandar di dermaga Pulau Komodo. Namun, kapal berukuran 200 gros ton itu tidak dapat merapat ke dermaga Pulau Padar dan Pink Beach karena kedalamannya dangkal. Karena itu, kapal harus lego jangkar di tengah dan wisatawan diantar ke dermaga menggunakan kapal yang lebih kecil. 
 
"Tiket Rp800.000 ini sudah termasuk biaya kapal kecil yang mengantar wisatawan dari KMP Komodo ke pulau," jelas Direktur Komersial PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Yusuf Hadi, Sabtu (1/12/2018).
 
Tarif itu juga sudah termasuk makan siang.
 
Menurut dia, tarif itu cukup kompetitif jika dibandingkan dengan kapal-kapal wisata yang dioperasikan masyarakat setempat. Tarif kapal-kapal setempat berkisar Rp600.000 hingga lebih dari Rp1 juta per orang untuk rute yang sama. 
 
Namun, lanjut Yusuf, KMP Komodo menawarkan pelayanan yang berbeda. Kecepatan kapal yang hanya 9 knot memungkinkan wisatawan memandang gugusan pulau yang dilewati dengan lebih khusyuk dan santai. 
 
"Memang waktu tempuhnya 3 jam [dua kali lipat dari waktu tempuh kapal biasa], tetapi ini membuat wisatawan nyaman menikmati pemandangan sekitar," tuturnya.
 
Kecepatan itu juga membuat kapal relatif tidak bergoyang sehingga memungkinkan penumpang beristirahat selama perjalanan.
 
"Intinya, kami menyediakan alternatif bagi wisatawan," tambah Yusuf. 
 
Kapal dijadwalkan mulai beroperasi 12 Desember 2018. Kapal berangkat dari Labuan Bajo pukul 05.00 WITA dan akan kembali ke Labuan Bajo pada sore hari.

Tag : pariwisata, labuan bajo
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top