E-Wallet Rambah Transaksi Pelayanan Publik

Platform dompet digital mulai memperluas ekosistem pembayaran ke ranah transaksi pelayanan publik.Tiga dompet digital, yaitu Go-Pay, OVO, dan TCash, baru saja menjalin kesepakatan dengan institusi kepolisian Surabaya untuk melayani pembayaran SIM dan SKCK secara digital.
N. Nuriman Jayabuana | 02 Desember 2018 20:34 WIB
Go-Pay bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional untuk mempermudah masyarakat melakukan pembayaran zakat.-JIBI - Nuriman Jayabuana

Bisnis.com, JAKARTA - Platform dompet digital mulai memperluas ekosistem pembayaran ke ranah transaksi pelayanan publik.

Tiga dompet digital, yaitu Go-Pay, OVO, dan TCash, baru saja menjalin kesepakatan dengan institusi kepolisian Surabaya untuk melayani pembayaran SIM dan SKCK secara digital.

Melalui kesepakatan tersebut, masyarakat tak perlu lagu membawa kartu maupun tunai untuk menyelesaikan transaksi.
Dengan berbekal saldo di dalam aplikasi, masyarakat dapat menyelesaikan transaksi dengan memindai kode quick response (QR code) yang tersedia di loket pembayaran. 

Penyediaan layanan pembayaran digital tersebut juga dapat mewujudkan transparansi di lingkup institusi pelayanan publik. Di sisi lain, inovasi tersebut dapat mencegah praktik pungutan liar yang dilakukan oknum tertentu.

VP Regional Public Policy & Government Relations Gojek, Damar Juniarto, mengungkapkan penyediaan layanan pembayaran digital yang serupa telah diluncurkan pada enam kota lain, yaitu meliputi Gresik, Bekasi, Mojokerto, Sidoarjo, Pacitan, dan Madiun.

Dirinya mengungkapkan penyediaan inovasi pembayaran digital pada pelayanan publik  bukan sebatas dapat mempermudah masyarakat, tapi sekaligus dapat meningkatkan inklusi keuangan.

"Dan kami berharap dampak positif yang ditawarkan dapat dirasakan oleh masyarakat yang lebih luas," ujarnya, Sabtu (1/12).

General Manager Digital Product Area Expansion Telkomsel Jawa Bali Heribertus Budi Ariyanto mengungkapkan TCash, berupaya untuk terus relevan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia melalui layanan pembayaran digital.

Penyediaan layanan pembayaran digital pada pelayanan publik dianggapnya sebagai salah satu upaya yang merepresentasikan komitmen itu.

"Melalui kerja sama ini, pembayaran SIM dan SKCK akan menjadi semakin mudah, aman, dan cepat. Kami berharap hadirnya TCash dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan less cash society," ujarnya.

Direktur OVO Johnny Widodo meyakini adopsi platform pembayaran digital dapat semakin mempermudah institusi pelayanan publik dalam mengelola layanan pembayaran.

Kemitraan dengan Polrestabes Surabaya diungkapnya juga merupakan komitmen OVO untuk terus membangun ekosistem nontunai.

Setelah sebelumnya merangkul berbagai bisnis, mulai dari e-commerce, ritel, UKM, sampai institusi pendidikan, OVO juga dapat digunakan untuk pembayaran SIM dan SKCK di lingkup Polrestabes Surabaya. 

"Ini capaian yang menggembirakan bagi kami. OVO terus menambahkan layanan untuk meningkatkan kemudahan dalam melakukan transaksi non tunai, yang terbukti lebih praktis dan efisien dibandingkan transaksi tunai," ujarnya. 

Tag : ekonomi digital
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top