Penerapan IoT Merupakan Investasi bagi Industri

Penerapan internet of things (IoT) dinilai menjadi investasi bagi industri yang dapat meningkatkan daya saing, khususnya di pasar global. Efisiensi dan potensi peningkatan penjualan dinilai sebagai dua pengaruh utama.
Wibi Pangestu Pratama | 03 Desember 2018 20:30 WIB
Pekerja menyelesaikan pembuatan gitar listrik di pabrik alat musik Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/3/2018). - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA – Penerapan internet of things (IoT) dinilai menjadi investasi bagi industri yang dapat meningkatkan daya saing, khususnya di pasar global. Efisiensi dan potensi peningkatan penjualan dinilai sebagai dua pengaruh utama.

Country Leader Signify Business Indonesia Rami Hajjar menjelaskan penerapan IoT saat ini merupakan langkah yang harus segera dilakukan industri karena dapat mendatangkan efisiensi besar. Signify sendiri telah meluncurkan sistem pencahayaan yang terintegrasi dengan IoT pada Senin (03/12/2018).

Rami menjelaskan, sistem pencahayaan merupakan salah satu bagian yang paling mudah untuk diubah menjadi terintegrasi dengan IoT. Menurutnya, sistem pencahayaan hanya perlu menambahkan beberapa komponen komputer untuk menjadi terintegrasi, tanpa perlu mengganti seluruh lampu yang sudah terpasang.

Investasi yang diperlukan untuk mengintegrasikan sistem penerangan pun dinilainya tak begitu besar, tergantung pada cetak biru dari sistem yang hendak dibangun.

Penerapan IoT pada sistem penerangan dinilai Rami dapat memberikan efisiensi sebesar 50%–70%, bahkan terkadang mencapai 80%. Efisiensi tersebut menurutnya dihasilkan dari pengaturan otomatis yang membuat lampu menyala hanya saat diperlukan.

"Energi yang memakan biaya besar dalam operasional industri, dengan menggunakan smart lighting dapat dipastikan opertional cost-nya turun. Itu dapat meningkatkan daya saing di pasar luar karena biaya produksi menurun," ujar Rami.

Dia menilai penerapan IoT pada sistem pencahayaan sebagai aset karena bukan hanya memberikan efisiensi biaya produksi, juga biaya perawatan. Sistem pencahayaan yang terintegrasi membuat industri dapat memantau secara langsung kondisi seluruh lampu di kawasannya

Tag : manufaktur
Editor : Maftuh Ihsan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top