Google Go, Aplikasi Google untuk Pengguna Anyar

Google kenalkan layanan terbarunya bernama Google Go, sebuah aplikasi yang disesuaikan dengan tampilan dan penggunaan yang lebih praktis.
Syaiful Millah | 05 Desember 2018 08:00 WIB
Director Product Manager Google Maps Krish Vitaldevara (kedua dari kiri), Product Manager Director Google Search Ken Tokusei (kedua kanan) dan VP of Engineering Google Assistant Scott Huffman (kanan) usai konferensi pers Google for Indonesia di Jakarta, Selasa (4/12). JIBI/BISNIS - Syaiful Millah

Bisnis.com, JAKARTA - Google memperkenalkan layanan terbarunya bernama Google Go, sebuah aplikasi yang disesuaikan dengan tampilan dan penggunaan yang lebih praktis. 

Director Product Management International Search Ken Tokusei mengatakan aplikasi Google Go ditujukan terutama bagi pengguna yang baru pertama kali terhubung secara daring. 

"Jutaan orang di Indonesia masih belum menikmati layanan online, harapannya Google Go bisa menjadi solusi simpel bagi mereka," katanya saat acara Google for Indonesia di Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Tokusei menyampaikan bahwa aplikasi ini dioptimalisasi untuk perangkat dengan memori RAM kecil dan koneksi yang tidak stabil. 

Google Go dirancang khusus untuk perangkat berspesifikasi rendah. Berkat kemajuan teknologi kompresor seluler, ukuran aplikasi ini hanya 5 MB dan menggunakan 40% lebih sedikit data saat dipakai untuk penelusuran. 

Ukurannya yang mini, membantu pemuatan situs dengan cepat dan lancar. Selain itu, aplikasi ini juga dapat dijalankan menggunakan jaringan 2G. Salah satu fitur menarik dari aplikasi ini adalah mendengarkan isi halaman. Google Go memungkinkan pengguna membuka halaman situs dan mendengarkannya. 

Melalui pengembangan teknologi kecerdasan buatan (artificial intellegence/AI), teks dapat diidentifikasi dan dibacakan oleh sistem kata demi kata. 

"Fitur ini akan sangat membantu pengguna sambil melakukan aktivitas lain, seperti memasak dan berolahraga," kata Tokusei. 

Aplikasi Google Go dilengkapi antar muka yang berorientasi tap dengan pengelompokkan kategori, sehingga memudahkan akses informasi bagi pengguna baru. 

Aplikasi ini telah tersedia dalam bahasa Indonesia di Google Play Store dan akan diinstall langsung pada perangkat Android Oreo edisi Go yang diluncurkan tahun-tahun mendatang.

Tag : teknologi, google
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top